Pengaruh Besarnya Daya Listrik KWH Meter Terpasang Terhadap Banyaknya Pemakaian Listrik Pada Bangunan-Bangunan Di Lingkungan Sekitar Universitas Negeri Semarang


Hardianingsih, 5301413055 (2021) Pengaruh Besarnya Daya Listrik KWH Meter Terpasang Terhadap Banyaknya Pemakaian Listrik Pada Bangunan-Bangunan Di Lingkungan Sekitar Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301413055 - hardia ningsih.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Energi listrik merupakan salah satu sumber energi yang sangat penting dan banyak dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Karakteristik energi listrik yang ramah lingkungan membuat pemanfaatan enegi listrik hampir digunakan dalam segala bidang kehidupan manusia. Adanya instansi pendidikan di Semarang yaitu Universitas Negeri Semarang, memberikan dampak terhadap perekonomian lingkungan sekitarnya yang berdampak pada pemakaian listriknya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menggunakan data berupa angka untuk diolah dan dianalisis. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder, karena peneliti tidak mengukur secara langsung melainkan data didapat dari data pribadi 72 responden yang bangunan-bangunannya dijadikan sampel objek penelitian. Bangunan yang menjadi sampel penelitian diantarnya rumah tinggal, kos-kosan, tempat makan, usaha percetakan dan foto copy. Nilai daya terpasang yang dijumpai pada bangunan yang diteliti yaitu 900 VA, 1300 VA, 2200 VA, 3500 VA, 4400 VA, 5500 VA, 7700 VA, dan 11000 VA. Pemakaian listrik pada lingkungan kampus Unnes tahun 2020 pada bulan desember terpengaruh oleh penyesuaian kegiatan dan kebutuhan dengan adanya pandemi, dimana kegiatan perkuliahan dilakuakan secara online, penyesuain akan kebiasaan kebersihan, kegiatan belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah daya terpasang disesuikan dengan kebutuhan pemakaian listriknya. penyesuaian kebiasan baru yang dilakukan dimasa pandemi. Disarankan untuk penelitia selanjutnya mengambil sampel penelitian yang lebih banyak, melakukan penelitian untuk faktor listrik lainnya selaian daya terpasang, dan pemakaian listriknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Daya terpasang, kwh meter, pemakaian lsitrik
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:25
Last Modified: 31 Mar 2022 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49419

Actions (login required)

View Item View Item