PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS OUTDOOR LEARNING PROCESS (OLP) PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA SMA/MA


Nor Laelatul Hidayah, 4401416031 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS OUTDOOR LEARNING PROCESS (OLP) PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA SMA/MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401416031 - Nor Laelatul Hidayah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar materi ekosistem siswa SMA Negeri 3 Demak, dan tidak adanya pembelajaran luar kelas sebagai upaya menngkatkan hasil belajar materi ekosistem. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Outdoor Learning Process (OLP) dan Atlas keanekaragaman hayati materi ekosistem serta menganalisis tingkat kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Outdoor Learning Process (OLP) untuk peserta didik SMA/MA dan Atlas keanekaraman hayati. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Tahap Analysis dilakukan dengan mengobservasi jenis tumbuhan, hewan, jamur, dan ganggang untuk dituangkan ke dalam LKPD dan Atlas keanekaragaman hayati serta mengobservasi kebutuhan peserta didik. Tahap kedua dan ketiga adalah Desain dan Development dengan fokus utama mengembangkan produk sesuai arahan dan koreksi dari validator ahli materi dan validator ahli media. Dilanjutkan dengan tahap Implementation yang dilaksanakan pada kelas XII MIPA 1, XII MIPA 3, dan XII MIPA 6 SMAN 3 Demak untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta didik mengenai KPS (Keterampilan Proses Sains) setelah mereka membaca LKPD dan Atlas keanekaragaman hayati. Selanjutnya pada tahap Evaluation dilakukan evaluasi mengenai produk yang dikembangkan sehingga diperoleh produk final yang layak diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran. Rerata presentase skor validator ahli materi sebesar 82,95%, rerata skor validator ahli media sebesar 91,5%, rerata skor validasi guru sebesar 77,5%, rerata skor tanggapan guru sebesar 80% dan rerata skor tanggapan peserta didik sebesar 82,2%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa LKPD dan Atlas keanekaragaman hayati sangat layak digunakan. Hasil uji 40 soal materi ekosistem yang diberikan kepada 60 peserta didik memperoleh hasil rendah dengan persentase 33,35%, artinya LKPD perlu diaplikasikan secara langsung agar dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik mengenai keterampilan proses sains (KPS).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Atlas, OLP, Materi Ekosistem, KPS
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Mar 2022 06:19
Last Modified: 31 Mar 2022 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49414

Actions (login required)

View Item View Item