MULTIFUNTION REFLECTIVE STRAP UNTUK MENINGKATKAN LATIHAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET


Rio Puja Laksono, 0602517048 (2022) MULTIFUNTION REFLECTIVE STRAP UNTUK MENINGKATKAN LATIHAN KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0602517048 - rio puja laksono.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang popular di Indonesia. Pada tingkat Sekolah latihan bola basket dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Sarana dan prasarana di sekolah untuk latihan bola basket masih kurang optimal dalam medukung kebutuhan gerak permainan bola basket. Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan produk Multifunction Reflective Strap yang dapat meningkatkan latihan keterapilan teknik dasar peserta ekstrakurikuler bola basket. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, adapun prosedur pengembangan produk yaitu, 1) melakukan analisis kebutuhan yang akan dikembangkan yang diperoleh dari hasil kajian pustaka, observasi dan wawancara, 2) mengembangkan draf produk awal, 3) validasi ahli , 4) perbaikan draf produk awal, 5) uji coba skala kecil , 6) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji coba skala kecil, 7) uji coba lapangan, 8) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan uji coba lapangan, 9) hasil akhir berupa media Multifunction Reflective Strap. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan prosentase yang selanjutnya diklasifikasikan untuk memperoleh kesimpulan data. Melalui Penelitian ini diperoleh data evaluasi ahli permainan bola basket dan ahli penilaian produk dengan rata-rata persentase sebesar 81,25% dan memenuhi keriteria “Baik”. Sedangkan data uji coba skala kecil diperoleh persentase sebesar 78,6% dan uji coba lapangan diperoleh persentase sebesar 81,8%, sehingga memenuhi kriteria “Baik”. Pada uji coba lapangan mengalami peningkatan sebesar 3,2% dibandingkan dengan uji coba skala kecil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Multifunction Reflective Strap efektif untuk digunakan sebagai media untuk meningkatkan latihan keterampilan teknik dasar pada peserta ekstrakurikuler bola basket. Saran dari penulis yaitu penulis berharap penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk meningkatkan prestasi olahraga khususnya bola basket dan juga dapat dijadikan sebagai acuan untuk pengembangan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Multifunction Reflective Strap, Latihan, Teknik dasar bola basket, Ekstrakurikuler
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:05
Last Modified: 31 Mar 2022 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49411

Actions (login required)

View Item View Item