POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MI AL-ISLAM GUNUNGPATI PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN PENDEKATAN ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT


Linda Pramusinta, 0613518032 (2020) POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MI AL-ISLAM GUNUNGPATI PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN PENDEKATAN ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis Linda Pramusinta EDIT - Linda Pramusinta.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada hakikatnya merupakan perilaku pencegahan oleh individu atau keluarga dari berbagai penyakit. Oleh karena itu masyarakat khususnya anak sekolah dasar atau sederajat harus memahami pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Dalam penelitian inovasi untuk menyosialiasikan PHBS untuk anak sekolah dasar menggunakan startegi Asset based comminity devlopment (ABCD). Pendekatan asset based community development (ABCD) merupakan upaya pengembangan masyarakat yang (sejak awal) menempatkan manusia untuk mengetahui potensi apa yang di miliki yang menjadi kekuatannya. Hanya dengan mengetahui kekuatan, potensi dan aset, diharapkan manusia mengetahui dan memiliki inisiatif dalam segala upaya perbaikan. Tujuan penelitian adalah (1) untuk menganalisis kondisi PHBS di MI AL-Islam Gunungpati, Semarang dan dan (2) untuk mengetahui apakah pendekatan ABCD berpengaruh pada pengetahuan, sikap dan motivasi PHBS. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan tahap pertama kualitatif dan dilanjutkan kuantitatif. Populasi siswa adalah siswa kelas V MI AL-Islam Gunungpati sebanyak 32 siswa pada tahun pelajaran 2019/2020 serta seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Subjek penelitian dipilih berdasarkan klasifikasi pengetahuan PHBS serta mengambil guru atau karyawan untuk diwawancarai mengenai PHBS di sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian kualitatif Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di MI AL-Islam Gunungpati (1) Siswa belum berperan aktif dalam melaksanakan PHBS sehingga pembelajaran berpusat pada guru. (2) Masih kekurangan media edukatif yang merangsang PHBS pada siswa. (3) Belum ada tutor sebaya dalam melaksanakan PHBS. Secara Kuantitatif (1) Pengetahuan awal PHBS masih tergolong sedang. (2) Penggunaan ABCD mempengaruhi pengetahuan dan motivasi siswa sehingga pemberian pembelajaran dengan pendekatan ABCD dapat meningkatkan nilai siswa dalam pengetahuan dan motivasi PHBS. (3) Penggunaan ABCD tidak mempengaruhi sikap siswa walapun skor rata-rata meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pola Hidup Bersih dan Sehat, Asset Based Community Development, Pengetahuan, Sikap dan Motivasi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Kesehatan Masyarakat, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:05
Last Modified: 31 Mar 2022 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49410

Actions (login required)

View Item View Item