Analisis Gangguan Pelafalan Fonem dan Penguasaan Leksikon pada Anak Penderita Autis


Kesi, 0202519018 (2022) Analisis Gangguan Pelafalan Fonem dan Penguasaan Leksikon pada Anak Penderita Autis. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0202519018_kesi_full tesis - Kesi Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Menurut data Kemenpppa prelevansi autisme meningkat pesat pada tahun tahun 2012 menuju tahun 2014 sebesar 30%. Adanya peningkatan anak dengan gangguan autis membutuhkan perhatian lebih terutama pada gangguan kebahasaan yang dialami anak. Anak autis di SLB Autisma Yogasmara dan Asrama ABK Griya Shada Semarang dipilih sebagai objek penelitian karena seluruh siswa-siswi dan penghuni asrama adalah anak dengan gangguan autis. Selain itu, anak autis di tempat tersebut juga mengalami berbagai gangguan dalam berkomunikasi. Sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai penyebab dan solusi tepat guna penanganan gangguan kebahasaan tersebut. Tujuan penelitian ini berdasarkan latar belakang masalah ialah: 1) menganalisis gangguan pelafalan fonem yang dialami anak penderita autis; 2) menganalisis penguasaan leksikon yang dimiliki anak penderita autis; dan 3) menganalisis dampak gangguan pelafalan fonem dan penguasaan leksikon bagi kosakata berbahasa anak autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak yang terdiri atas dua teknik yaitu teknik dasar dan lanjutan. Teknik dasar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik sadap dan teknik lanjutan berupa teknik simak libat cakap, rekam, dan catat. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari merekam secara langsung percakapan anak autis dengan terapisnya. Metode analisis data pada penelitian ini adalah metode agih dengan teknik BUL (bagi unsur langsung) dengan cara sebagai berikut: 1) mentranskrip data yang telah diperoleh, 2) mengamati dan mencatat pada kartu data, 3) mengklasifikasikan dan menganalisis data, 4) menyimpulkan hasil analisis data. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa anak autis di SLB Autisma Yogasmara dan Asrama ABK Griya Shada Semarang 1) mengalami gangguan pelafalan fonem dalam bentuk perubahan fonem dan penghilangan fonem konosonan, 2) leksikon yang dikuasai anak paling banyak berupa leksikon nomina 3) anak autis mengalami gangguan komunikasi akibat adanya gangguan pelafalan fonem dan penguasaan leksikon. Bentuk dampak gangguan komunikasi berupa ekolalia, komunikasi satu arah, dan kesulitan mengungkapkan suatu kata. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa anak dengan gangguan autis megalami gangguan pelafalan fonem konsonan. Penguasaan leksikon pada anak autis paling banyak terdapat pada kelas kata nomina. Gangguan kebahasaan berupa gangguan komunikasi pada anak autis disebebkan karena adanya gangguan pelafalan fonem dan keterbatasan penguasaan leksikon.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Autis, Dampak, Gangguan, Fonem, Leksikon
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:39
Last Modified: 31 Mar 2022 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49407

Actions (login required)

View Item View Item