MANAJEMEN PROGRAM KELAS UNGGULAN BOARDING SCHOOL (Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Kajen Pati )


Dina Munawaroh, 0102517026 (2022) MANAJEMEN PROGRAM KELAS UNGGULAN BOARDING SCHOOL (Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Kajen Pati ). Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Bismillah REVISI 2 Tesis_Dina Munawaroh 0102517026 Administrasi pendidikan - dina addien.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Untuk tercapai suksesnya otonomi sekolah di masa depan maka diperlukan kebijakan yang tepat dalam mengembangkan sekolah unggul. Munculnya sekolah unggulan berangkat dari keinginan untuk menciptakan madrasah yang menjadi central for exellence untuk mempersiapkan SDM yang siap pakai untuk masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi bahan perbandingan dan kajian pelaksanaan manajemen program kelas unggulan boarding school di MTs Salafiyah Kajen Pati dengan menggunakan salah satu bidang manajemen pendidikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang berarti penulis melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data deskriptif berupa kata- kata tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang dapat diamati dan atau informasi secara langsung dengan mengunjungi lokasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan langsung oleh peneliti melalui observasi, wawancara, dan pengkajian dokumentasi. Analisis data hasil penelitian ini dilakukan berdasarkan model analisa interaktif, Miles Huberman. Manajemen Perencanaan program kelas unggulan Boarding School di MTs Salafiyah Kajen Pati, dirumuskan dalam perencanaan pola penerimaan peserta didik, rekrutmen guru, program kelas unggulan dan orientasi kurikulum. Manajemen Pelaksanaan Program Unggulan Boarding School meliputi langkah- langkah yang dilakukan dalam pelaksanaan sebelum dan sesudah pengajaran. Dalam tahap pendahuluan atau sebelum pengajaran, guru menyususn program tahunan, program semester, tujuan pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran dan menentukan metode. Dalam tahap pengajaran yaitu pelaksanaan pembelajaran meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun sebelumnya. Sedangkan manajemen evaluasi yang dilaksanakan merupakan evaluasi formatif dan sumatif, evaluasi model Brinkerhoff. Orientasi kurikulum pada program kelas unggulan boarding school ini diarahkan untuk membentuk generasi ahlul Qur’an atau Hafidz Qur’an yang juga memiliki kemampuan dasar dalam bidang qiro’ah kitab, bahasa dan sains, serta ilmu lainnya agar siswa mampu kompetitif dengan SDM lainnya, yang dapat memberikan semangat baru bagi generasi selanjutnya sejalan dengan program boarding school. Dalam menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan yang saat ini dihadapkan pada perkembangan teknologi yang begitu masif, maka lembaga pendidikan harus terus meningkatkan, mengembangkan dan memperbarui strategi pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan citra positif lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Program Kelas Unggulan; Boarding School
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:23
Last Modified: 31 Mar 2022 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49405

Actions (login required)

View Item View Item