PEMBELAJARAN IPA BERPENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR


Aryun Nailun Nasikhah, 0103517113 (2022) PEMBELAJARAN IPA BERPENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0103517113 - Aryun Nasikhah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menjadi kunci utama dalam upaya mengembangkan kemapuan diri siswa dalam bidang IPA terutama dalam penggunaan teknologi. Adanya perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang besar terhadap dunia pendidikan. Salah satu diantaranya kemampuan diri yang dpaat diterapkan yaitu penerapan literasi digital. Melalui literasi digital yang dikombinasikan dengan pendekatan saintifik diharapkan terdapat perkembangan kegiatan pembelajaran IPA melalui media yang lebih menarik sehingga meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Pada kenyataannya guru dalam penyampaian materi masih menggunakan modl ceramah dan menggunakan sumber belajar dari buku siswa sehingga hanya mengacu pada buku guru dan tidak memberikan tampilan visual yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru, aktifitas siswa, keefektifan pembelajaran IPA berpendekatan saintifik melalui literasi digital di SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari siswa kelas V di SDN Bringin 01 dan SDN Tambakaji 03. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, tes, observasi, wawancara. Hasil analisis kebutuhan guru terhadap literasi digital selanjutnya divalidasi oleh ahli media dan digunakan dalam pembelajaran. Aktivitas belajar siswa menunjukkan perbedaan perolehan nilai aktivitas siswa melalui media non digial dengan hasil 76,4 kategori baik. Selanjutnya aktivitas siswa melalui literasi digial menunjukkan hasil 82,4 kategori sangat baik. Efektifitas pembelajaran IPA berpendekatan saintifik melalui literasi digital dapat meningkatkan hasil belajar kelas eksperimen dengan nilai N-Gain sebesar 0,7366 kriteria sedang sedangkan kelas kontrol dengan nilai N- Gain sebesar 0,5656 kriteria tinggi. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA berpendekatan saintifik melalui literasi digital dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD dalam materi organ gerak hewan laut. Pada akhirnya diharapkan dapat dilakukan penelitian pembelajaran IPA berpendekatan saintifik melalui literasi digital untuk meningkatkan hasil belajar serupa dengan materi lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: IPA, Pendekatan Saintifik, Literasi Digial, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:20
Last Modified: 31 Mar 2022 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49404

Actions (login required)

View Item View Item