PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MENGGAMBAR KONSTRUKSI GEOMETRIS BENTUK SEGI BANYAK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF


Nur Adisasongko, 0501519001 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MENGGAMBAR KONSTRUKSI GEOMETRIS BENTUK SEGI BANYAK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0501519001 - Nur Adisasongko.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia selama periode dua tahun terakhir menyebabkan proses pembelajaran berlangsung secara daring. Pembelajaran daring merupakan hal baru dalam dunia pendidikan di Indonesia. Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah vokasi terkena dampak yang luar biasa dengan tidak diperbolehkannya pembelajaran tatap muka sehingga mata pelajaran praktik tidak dapat terlaksana. Gambar teknik otomotif merupakan salah satu mata pelajaran yang diperlukan tatap muka. Kondisi pandemi menyulitkan guru dan siswa dalam berinteraksi secara langsung. Guru hanya memberikan materi pembelajaran menggunakan media buku atau modul yang diberikan kepada siswa melalui Whatsapp, Google Classroom atau Learning Management System. Ketiadaan media interaktif seperti multimedia atau media audio visual menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual menggambar konstruksi geometris bentuk segi banyak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penilaian kelayakan media yang dikembangkan dilakukan oleh judgement expert (penilai ahli). Penilai ahli diambil dari unsur akademisi yang berasal dari dosen dan guru yang berpengalaman. Penilaian kelayakan dilakukan oleh sepuluh ahli media dan sepuluh ahli materi. Ujicoba produk dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kudus dengan jumlah 36 siswa untuk kelas eksperimen. Pengumpulan data dari penilai ahli menggunakan instrumen validasi untuk menentukan kelayakan produk, sedangkan pengumpulan data dari pengguna (siswa dan guru) menggunakan instrumen kepraktisan untuk menentukan kepraktisan produk dan tes kinerja untuk menguji efektivitas produk. Penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut: (1) Produk yang dihasilkan berupa media audio visual menggambar konstruksi geometris bentuk segi banyak; (2) Produk dinyatakan layak digunakan berdasarkan skor Content Validity Index (CVI) ahli media sebesar 0,88 dan Percentage of Agreement (PA) sebesar 88 % dan skor CVI ahli materi 0,91 dan PA 91%; (3) Hasil uji coba produk menunjukkan tingkat efektivitas yang tinggi berdasarkan uji Independent Sample t Test untuk N- gain Score dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara hasil belajar pada kelompok eksperimen jika dibandingkan dengan kelompok kontrol; dan (4) Hasil uji koefisien reproduksibilitas (Kr) dan koefisien skalabilitas (Ks) 92 % dan 80 % sehingga multimediaedia audio visual menggambar konstruksi geometris bentuk segi banyak dinyatakan praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Audio, Visual, Geometris
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 15:53
Last Modified: 30 Mar 2022 15:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49367

Actions (login required)

View Item View Item