PENGEMBANGAN E-BOOKLET KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Nuning Nadrotun Na'Imah, 0402519036 (2022) PENGEMBANGAN E-BOOKLET KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0402519036 - Nuning Naymah (1).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Cirebon merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang berada di pesisir laut Jawa dan memiliki potensi sumber daya alam yang bagus sehingga menyebabkan keanekaragaman hayati yang ada di daerah Cirebon relatif tinggi dan menarik, dengan demikian memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, keefektifan, kepraktisan, serta karakteristik e-booklet keanekaragaman hayati berbasis potensi lokal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengadopsi model Sugiyono (2017). Hasil penelitian pada uji validitas oleh ahli materi dosen memperoleh nilai 77,66% dengan kategori sangat valid, oleh guru 86,55% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi media oleh dosen ahli memperoleh nilai 96,8% dengan kategori sangat valid, oleh guru 86,6% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba skala kecil (keterbacaan) oleh guru memperoleh nilai 92,14% dengan kategori sangat baik, oleh siswa 83,26% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian pada indikator keefektifan e-booklet keanekaragaman hayati berbasis potensi lokal terhadap keterampilan berpikir kritis adalah 1) ketuntasan klasikal > 80%, 2) hasil uji N-gain minimum kategori sedang. Hasil posttest menunjukkan bahwa presentase ketuntasan klasikal siswa 86,14%, hasil uji N-gain pada kategori tinggi (35,67%), sedang (58,53%), rendah (5,80%), dengan rata-rata N-gain 0,63 yang termasuk kategori sedang. Berdasarkan analisis keefektifan dapat disimpulkan bahwa e- booklet keanekaragaman hayati berbasis potensi lokal efektif diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Pada analisis hasil kepraktisan e- booklet keanekaragaman hayati berbasis potensi lokal memperoleh nilai 79,58% dengan kategori baik dari siswa dan 88,78% dengan kategori sangat baik dari guru. Karakteristik utama e-booklet keanekargaman hayati berbasis potensi lokal yang dikembangkan adalah materi yang disajikan dikaitkan dengan potensi lokal daerah Cirebon berdasarkan hasil observasi lapangan dan permasalahan-permasalahan yang disajikan dalam e-booklet merupakan permasalahan lokal yang terdapat di daerah Cirebon.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, potensi lokal, e-booklet keanekaragaman hayati, pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 15:33
Last Modified: 30 Mar 2022 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49360

Actions (login required)

View Item View Item