PENGARUH JARAK DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP HASIL RENANG GAYA DADA PADA ANAK USIA 10-13 TAHUN


Oggi Susanti Wulandari, 0602518047 (2022) PENGARUH JARAK DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP HASIL RENANG GAYA DADA PADA ANAK USIA 10-13 TAHUN. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis Santi OK 07-dikonversi oggi - oggi wulandari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu perbedaan jarak latihan renang pada klub Fish Aquatic dan Mutiara Swimming Club. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Untuk menganalisis pengaruh jarak renang 25 M dan 35 M terhadap hasil renang gaya dada. 2) Untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosi tinggi dan kecerdasan emosi rendah terhadap hasil renang gaya dada. 3). Untuk menganalisis interaksi antara jarak renang dengan kecerdasan emosi terhadap hasil renang gaya dada Metode Penelitian ini adalah Eksperimen dengan desain factorial 2 x 2. Rancangan faktorial melibatkan dua buah factor sebagai variable independen yakni jarak renang dan pendekatan kecerdasan emosi di uji cobakan dengan jarak 35 meter dan 25 meter. Populasi dari penelitian ini adalah 20 orang putra maupun putri yang menjadi anggota pada mutiara swimming klub kabupaten Semarang dan 20 orang putra putri yang menjadi anggota pada fish Aquatik Kabupaten Wonosobo. Hasil Penelitian uji Anova didapatkan hasil bahwa adanya interaksi antara jarak renang dengan kecerdasan emosi terhadap hasil latihan renang pada anak usia 10-13 tahun . Terdapat interaksi signifikan antara jarak dengan kecerdasan emosi terhadap hasil latihan renang ((F (1,36) = 6,568, p<0,015, ƞp 2 = 0,154). Sebesar 15,4% varian yang terjadi pada hasil latihan renang disebabkan oleh pengaruh interaksi jarak dengan kecerdasan emosi. Penelitian menunjukkan bahwa kelompok dengan tingkat kecerdasan emosi tinggi jarak 35 meter dengan durasi latihan 3 kali dalam seminggu memiliki hasil (M: 26,13 second) sedangkan kelompok dengan kecerdasan emosi rendah jarak 35 meter dengan durasi latihan 3 kali dalam seminggu memiliki hasil (M: 33,31 second). Kelompok ketiga dengan tingkat kecerdasan emosi tinggi jarak 25 meter dengan durasi latihan 3 kali nilai maksimum (M: 44,42 second) dan kelompok keempat kecerdasan emosi rendah jarak 25 meter dengan durasi latihan 3 kali dalam seminggu (M: 58,26). Kesimpulan jarak 35 meter memiliki hasil renang yang secara signifikan lebih cepat. Kecerdasan emosi tinggi memiliki hasil renang yang secara signifikan lebih cepat daripada kecerdasan emosi rendah. Adanya interaksi antara jarak dan kecerdasan emosi terhadap hasil renang gaya dada pada klub renang Fish Aquatic dan Mutiara Swimming Club.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: jarak, kecerdasan emosi, renang
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 15:26
Last Modified: 30 Mar 2022 15:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49358

Actions (login required)

View Item View Item