PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMITMEN GURU TERHADAP KINERJA GURU DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PADA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN KUDUS
Erlina Dewi Puspitaningrum, 0102517019 (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMITMEN GURU TERHADAP KINERJA GURU DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PADA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN KUDUS. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam proses peningkatan sumber daya manusia (SDM). Sumber daya manusia merupakan faktor yang paling besar peranannya dalam mencapai tujuan organisasisecara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komitmenguru terhadap kinerja guru dengan budaya organisasi sebagai variabel mediator pada guru SMA Negeridi Kabupaten Kudus. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 207 guru yang diambil dari 7 sekolah negeri yang ada di Kabupaten Kudus. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan program AMOS 24.0. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen guru mempengaruhi budaya organisasi, budaya organisasi mempengaruhi kinerja guru, komitmen guru tidak mempengaruhi kinerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi komitmen guru. Sedangkan pengaruh tidak langsung, budaya organisasi tidak mampu memediasi pengaruh komitmen guru terhadap kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Komitmen Guru, Budaya Organisasi, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 15:17 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 15:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49356 |
Actions (login required)
View Item |