HUBUNGAN PERSEPSI, KELOMPOK ACUAN, SUMBER DAYA, DAN SOSIO BUDAYA DENGAN PEMANFAATAN RUMAH TUNGGU KELAHIRAN (RTK) DI DISTRIK FAKFAK TENGAH KABUPATEN FAKFAK


Maria Suzana Halibi, 0613519009 (2021) HUBUNGAN PERSEPSI, KELOMPOK ACUAN, SUMBER DAYA, DAN SOSIO BUDAYA DENGAN PEMANFAATAN RUMAH TUNGGU KELAHIRAN (RTK) DI DISTRIK FAKFAK TENGAH KABUPATEN FAKFAK. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis Maria S Halibi - Maria Suzana Halibi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rumah tunggu kelahiran (RTK) merupakan salah satu upaya dalam mendekatkan akses ibu hamil dan bersalin ke pelayanan kesehatan. Adapun berbagai faktor yang menjadi kendala terhadap pemanfaatan RTK, salah satunya perilaku masyarakat yang kurang kaitannya dengan pemanfaatan rumah tunggu kelahiran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan persepsi, kelompok acuan, sumber daya, dan sosio budaya dengan pemanfaatan rumah tunggu kelahiran (RTK) di Distrik Fakfak Tengah Kabupaten Fakfak. Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu semua ibu bersalin pada bulan Januari sampai dengan Desember 2020 yang berjumlah 226 ibu. Sampel yang berhasil didapatkan secara keseluruhan yaitu 215 responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditentukan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis univariat (distribusi frekuensi), analisis bivariat (uji rank spearman correlation) dan analisis multivariat (uji ordinal logistic regresion). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara persepsi, kelompok acuan, sumber daya dan sosio budaya dengan pemanfaatan rumah tunggu kelahiran di Distrik Fakfak Tengah Kabupaten Fakfak.Variabel sumber daya dan sosial budaya merupakan faktor dengan hubungan paling kuat dengan pemanfaatan rumah tunggu kelahiran di Distrik Fakfak Tengah Kabupaten Fakfak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Rumah tunggu kelahiran, Distrik Fakfak
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Kesehatan Masyarakat, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 13:56
Last Modified: 30 Mar 2022 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49349

Actions (login required)

View Item View Item