PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KEDISIPLINAN MELALUI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PERKOTAAN KABUPATEN KLATEN


Ary Zuqnil Fauza, 0102517038 (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KEDISIPLINAN MELALUI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PERKOTAAN KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS ARY SIDANG REVISI TERBARU FINAL - ary zuqnil.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah, kedisiplinan dan lingkungan kerja adalah faktor yang mempengaruhi kinerja guru, semakin baik kepemimpinan kepala sekolah, kedisiplinan dan lingkungan kerja maka akan semakin baik pula kinerja guru. Dalam kenyataan di lapangan masih banyak persoalan yaitu belum optimalnya kepemimpinan kepala sekolah, kedisiplinan, lingkungan kerja dan kinerja guru pada guru SD Negeri se- Wilayah Perkotaan Kabupaten Klaten. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kedisiplinan terhadap kinerja guru melalui lingkungan kerja pada guru SD Negeri di Wilayah Perkotaan Kabupaten Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji, dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kedisiplinan terhadap kinerja guru melalui lingkungan kerja pada guru SD Negeri Wilayah Perkotaan Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Hipotesis diuji menggunakan path analyze. Populasi dalam penelitian ini yaitu 217 guru dari sepuluh SD Negeri yang tersebar di Wilayah Perkotaan Kabupaten Klaten, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proportional cluster random sampling diperoleh sampel 124 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap lingkungan kerja. 2) Ada pengaruh kedisiplinan terhadap lingkungan kerja. 3) Ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru 4) Ada pengaruh kedisiplinan terhadap Kinerja guru. 5) Ada pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru. 6) Ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui lingkungan kerja. 7) Ada pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja guru melalui lingkungan kerja. Berdasarkan temuan tersebut kinerja guru dapat ditingkatkan melalui perbaikan dan peningkatan dalam kepemimpinan kepala sekolah, kedisiplinan dan lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kedisplinan, Lingkungan Kerja, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 13:38
Last Modified: 30 Mar 2022 13:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49346

Actions (login required)

View Item View Item