EVALUASI PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA SEPAK BOLA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR PADA PELATDA PEKAN OLAHRAGA NASIONAL XX


Eusabius Agusto Molo Kadju, 0602519061 (2021) EVALUASI PEMBINAAN PRESTASI CABANG OLAHRAGA SEPAK BOLA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR PADA PELATDA PEKAN OLAHRAGA NASIONAL XX. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS Lengkap - Eusabius Agusto Molo Kadju.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalahkurangnya prestasi cabang olahraga sepak bola Provinsi NTT di tingkat nasional, yang terlihat pada PON. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi indikator; sumber daya manusia (pelatih dan atlet), program latihan, sarana prasarana, pengurus organisasi, dan pendanaan. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif, dengan model pendekatan evaluasi countenance model dengan tahapan antecedent, transaction dan outcome. Subyek dalam penelitian ini adalah pelatih, atlet dan pengurus Asprov PSSI NTT. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) sumber daya manusia (pelatih dan atlet), antecedent memiliki input yang memadai. Transaction perekrutan pelatih dan atlet berdasarkan syarat dan kriteria. Outcome kinerja pelatih dan atlet professional, 2) Program latihan, antecedent perencanaan program latihan yang jelas. Transaction pelaksanaan berpedoman pada program latihan. Outcome program latihan masih ada yang belum mencapai target 3) Sarana dan prasarana, antecedent memiliki ketersediaan yang memadai namun belum berstandar. Transaction mengupayakan penggunaannya. Outcome pemanfaatan sarana prasarana oleh pelatih dan atlet. 4) Pengurus organisasi, antecedent ketersediaannya belum memadai. Transaction koordinasi pengurus dengan pelatih dan atlet berjalan baik. Outcome pengurus memiliki kinerja yang professional dan bertanggungjawab. 5) Pendanaan, antecedent ketersediaan dana kurang memadai. Transaction penggunaan dana sesuai dengan rencana anggaran belanja, bersifat transparan dan akuntabel. Outcome memanfaatkan dana dan tepat dalam penggunaannya. Kesimpulannya bahwa; 1) sumber daya manusia (pelatih dan atlet), antecedent sudah baik, transaction sudah baik, outcome sudah baik. 2) program latihan, antecedent sudah baik, transaction sudah baik, outcome cukup baik. 3) sarana dan prasarana, antecedent cukup baik, transaction sudah baik, outcome sudah baik. 4) pengurus organisasi, antecedent kurang baik, transaction sudah baik, outcome sudah baik. 5) pendanaan, antecedent kurang baik, transaction sudah baik, outcome sudah baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembinaan prestasi, pelatda PON, sepak bola.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 13:28
Last Modified: 30 Mar 2022 13:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49342

Actions (login required)

View Item View Item