PENGEMBANGAN MULTIMEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PEMBERIAN UKURAN GAMBAR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF


Dwi Nur Cahyono, 0501519004 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PEMBERIAN UKURAN GAMBAR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0501519004 - Dwi Nur Cahyono.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media pembelajaran yang tepat pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga siswa dapat meraih hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu dibutuhkan alat penunjang media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual pemberian ukuran gambar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan langkah-langkah pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Evaluation and Implementation). Studi pendahuluan dalam penelitian ini terhadap kelengkapan media pembelajaran pada kompetensi pemberian ukuran gambar, yang menunjukan belum adanya media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran kompetensi dasar tersebut sehingga hasil belajar siswa tidak maksimal. Tahap pengembangan media pembelajaran audio visual meliputi desain media dari pengembangan media pembelajaran audio visual. Media yang dikembangkan diberi nama media pembelajaran audio visual pemberian ukuran gambar, yang divalidasi oleh ahli menggunakan analisis Content validity indeks (CVI). Hasil validasi media pembelajaran audio visual pemberian ukuran gambar dilakukan dengan menggunakan analisis CVI untuk ahli media dengan hasil 0,99 uji realibilitas persentase persetujuan sebesar 100%, sedangkan ahli materi dengan hasil 0,99 persentase persetujuan sebesar 100% menunjukkan bahwa validitas produk tingkat kevalidan yang tinggi dan keefektifan media pembelajaran audio visual menggunakan analisis Independent Sample T-Test. Media ini efektif dengan hasil posttest lebih baik dari pretest dengan peningkatan sebesar 45% dengan hasil uji N-gain menunjukan angka gain sebesar 0,84 (kategori peningkatan tinggi). Hasil uji kepraktisan menjelaskan bahwa kepraktisan media pembelajaran audio visual sebesar 83,5%. Media ini akan optimal apabila diberikan minimal pada siswa yang sudah mendapat kompetensi sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia, Audio Visual, Kompetensi, Ukuran Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 13:20
Last Modified: 30 Mar 2022 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49339

Actions (login required)

View Item View Item