MODAL SOSIAL UMKM BERBASIS E-COMMERCE PADA ERA COVID-19 DI KOTA SERANG


Lailatul Hikmah, 0301519019 (2022) MODAL SOSIAL UMKM BERBASIS E-COMMERCE PADA ERA COVID-19 DI KOTA SERANG. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0301519019_ Lailatul Hikmah_ File Lengkap (1) - Lailatul Hikmah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan interaksi langsung UMKM terbatas sehingga terjadi penurunan pendapatan dan pemasaran. Pemasaran yang terbatas dapat diatasi melalui pemanfaatan teknologi e-commerce serta didukung dengan adanya modal sosial guna membantu UMKM survive di tengah kondisi sulit covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kondisi sosial dan ekonomi UMKM, 2) menganalisis mengenai bentuk modal sosial yang dimiliki UMKM berbasis e-commerce, 3) menganalisis mengenai sumbangan modal sosial UMKM. Penelitian dilakukan pada UMKM oleh-oleh khas Banten yang berlokasi di Kota Serang. Pemilihan lokasi berdasarkan sentra penjualan UMKM oleh-oleh khas Banten berada di Kota serang serta dekat dengan destinasi wisata religi Banten lama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data informan dilakukan mulai bulan Agustus hingga Oktober 2021. Sumber data adalah informan, dokumen dan fenomena atau peristiwa. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci yaitu ketua paguyuban, informan utama pelaku UMKM dan informan pendukungnya dari pemerintah UKM Kota Serang, anak pelaku UMKM, pegawai UMKM. Untuk uji validasi menggunkan teknik triangulasi sumber sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis miles dan huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sosial dan ekonomi UMKM di era Covid-19 terbatasnya interaksi secara langsung dengan konsumen menyebabkan terjadinya penurunan pendapatan. Modal sosial yang dimiliki UMKM adalah kepercayaan, norma dan jaringan sosial. Sumbangan modal sosial UMKM bahwa dengan dukungan saling percaya dan kebersamaan yang meliputi modal sosial dalam bentuk kepercayaan, jaringan sosial yang saling mendukung diantara pelaku UMKM, pemerintah dan masyarakat serta norma yang mengatur untuk dipatuhi bersama membantu UMKM untuk survive di masa covid-19 melalui pemanfaatan e-commerce. Modal sosial utamanya trust dan networking memberikan sumbangan lebih dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM oleh-oleh khas Banten di Kota Baru Serang Banten.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, E-Commerce
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 13:09
Last Modified: 30 Mar 2022 13:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49337

Actions (login required)

View Item View Item