PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS EDUPRENEURSHIP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD


Reny Widyaningtyas, 0103517039 (2021) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS EDUPRENEURSHIP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS RENY 0103517039 - Reny Widyaningtyas.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar IPA siswa kelas V belum mencapai ketuntasan belajar, siswa cenderung bersikap pasif saat proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa belajar mencapai ketuntasan belajar adalah model Project Based Learning berbasis edupreneurship.Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh model PJBL berbasis Edupreneurship terhadap rasa ingin tahu siswa. Menguji pengaruh model Project Based Learning berbasis Edupreneurship terhadap hasil pengetahuan IPA siswa. Menguji pengaruh model Project Based Learning terhadap keterampilan proses sains. Untuk capai tujuan penelitian dilakukan dengan metode quasy experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Pada kelas eksperimen menggunakan model project based learning berbasis Edupreneurship, dan kelas kontrol dengan model project based learning. Subjek penelitian ini 177 siswa Dabin V, Grabag, Magelang. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposif sampling. Data berupa hasil belajar dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut; (1) terdapat pengaruh model PJBL berbasis Edupreneurship terhadap aspek rasa ingin tahu siswa, dibuktikan dengan nilai Independent t.test sig. 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak (2) tidak terdapat pengaruh model Project Based Learning berbasis Edupreneurship ditunjukkan dengan nilai signifikasi (sig) 0,860 > probalilitas 0,05 (3) terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap keterampilan proses sains ditunjukkan nilai Sig. sebesar 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Edupreneurship, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 12:32
Last Modified: 30 Mar 2022 12:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49334

Actions (login required)

View Item View Item