PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA NKPI DI SMKN 2 REMBANG


Sukristiyo, 0104517019 (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA NKPI DI SMKN 2 REMBANG. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS (SUKRISTIYO-0104517019) REVISI PASCA SIDANG - SUKRISTIYO SUKRISTIYO.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan dalam proses pembelajaran era pandemi Covid 19 di SMKN 2 Rembang menunjukan penurunan capaian pembelajaran dikarenakan minat belajar siswa kurang, hal ini berdasarkan survei peneliti saat akhir semester menunjukkan rata-rata nilai siswa yang menurun dari tahun 2020 selama pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh/ daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar berbasis evaluasi Kahoot untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD dengan model ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil validasi materi yang dilakukan diperoleh rata-rata dari ketiga aspek validasi materi (kelayakan materi, penyajian dan bahasa) yaitu 4,26 dan berada pada kriteria “sangat baik”. Begitupun dengan hasil validasi produk diperoleh rata-rata dari ketiga aspek validasi bahan ajar/ media (tampilan, penyajian, dan efektivitas) yaitu 4,4 dan memiliki kriteria “sangat baik”. Selanjutnya hasil minat belajar siswa dari kategori perasaan senang, perhatian siswa, ketertarikan belajar siswa dan aspek keterlibatan juga dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kahoot, Minat Belajar, Modul
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 12:08
Last Modified: 30 Mar 2022 12:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49332

Actions (login required)

View Item View Item