PEMBELAJARAN MENGGAMBAR EKSPRESI BEBAS SEBAGAI RUANG KREATIVITAS ANAK: STUDI KASUS DI MI SEKOLAH ALAM GAHARU BALEENDAH BANDUNG


M. Sahal, 0204517020 (2022) PEMBELAJARAN MENGGAMBAR EKSPRESI BEBAS SEBAGAI RUANG KREATIVITAS ANAK: STUDI KASUS DI MI SEKOLAH ALAM GAHARU BALEENDAH BANDUNG. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis (Revisi) - M Sahal.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Menjadikan pengalaman anak dalam pelaksanaan pembelajaran sebagai pusat pendekatan terbaik dalam kegiatan belajar menjagar, yaitu dengan cara siswa mendapatkan pengalamannya secara langsung dan melakukan segala kegiatan belajar mengajar langsung praktek di lapangan merupakan bentuk dari penerapan dari metode Experiential learning. Pengetahuan diakibatkan oleh kombinasi pemahaman dan mentransformasikan pengalaman (Kolb, 1984). Experential learning berfokus pada proses belajar pada masing-masing individu. Experiential learning adalah suatu pendekatan yang dipusatkan pada siswa yang dimulai dengan landasan pemikiran bahwa orang-orang belajar yang terbaik itu adalah dari pengalaman. Seperti yang diungkapkan oleh Garha (1980: 60) bahwa Metode ekspresi bebas merupakan metode yang memberi keleluasaan kepada anak-anak untuk dapat menyalurkan ungkapan perasaan tanpa dibatasi oleh aturan-aturan atau norma cipta konvensional dalam membuat gambar, pada pelaksanaannya tidak ada dominasi guru, guru/ fasilitator hanya mengarahkan siswanya. Masa sekolah dasar merupakan masa keemasan berkembangnya seluruh berkemampuan siswa, salah satunya berekspresi kreatif. penelitian ini, memfokuskan pada kreativitas siswa dalam membuat hasil karya berupa tes unjuk kerja, yang dilihat dari ide pembuatan (aspek kognitif), kinerja (aspek psikomotor), dan hasil karya (aspek produk). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Guna memahami berbagai aspek dan tujuan pembelajaran Seni Rupa Ekspresi Bebas, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Experiental Learning, Ekspresi Bebas, Kreativitas, Sekolah Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 12:02
Last Modified: 30 Mar 2022 12:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49330

Actions (login required)

View Item View Item