PENGEMBANGAN DESAIN PRAKTIKUM BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA


Farikhatul Mukharomah, 0403519026 (2021) PENGEMBANGAN DESAIN PRAKTIKUM BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0403519026 - Farikhatul Mukharomah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dampak wabah virus Covid-19 terhadap bidang pendidikan adalah beralihnya pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Hal ini menyebabkan literasi sains siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk memperoleh desain praktikum berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran daring yang layak, 2) untuk mengidentifikasi keterlaksanaan praktikum berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran daring, 3) untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pelaksanaan desain praktikum pada pembelajaran daring, 4) untuk mengidentifikasi peningkatan literasi sains siswa dalam desain praktikum berbasis saintifik pada pembelajaran daring, dan 5) untuk menganalisis kelebihan, kelemahan dan kendala dari desain praktikum yang dikembangkan. Ada tiga desain praktikum yang dikembangkan pada penelitian ini yaitu home lab, recorded lab, dan virtual lab yang direpresentasikan ke dalam RPP dan LKS. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga desain praktikum daring yang dikembangkan valid dan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran daring. Keterlaksanaan praktikum berbasis pendekatan saintifik pada ketiga desain praktikum termasuk dalam kriteria baik. Respon siswa dan guru terhadap pelaksanaan ketiga desain praktikum daring adalah baik dan praktis di masa pandemi ini. Hasil peningkatan literasi sains menggunakan n-Gain menunjukkan bahwa home lab dan recorded lab tidak efektif untuk meningkatkan literasi sains. Sementara virtual lab kurang efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa. Ketiga desain praktikum memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing. Kendala yang dialami ketiga desain praktikum hampir sama yakni dalam pembuatan laporan praktikum. Dapat disimpulkan bahwa ketiga desain praktikum layak dan praktis diterapkan dalam pembelajaran daring, tetapi kurang efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Home Lab, Recorded Lab, Virtual Lab, Pendekatan Saintifik, Literasi Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 11:56
Last Modified: 30 Mar 2022 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49329

Actions (login required)

View Item View Item