PRAKTIKUM KIMIA DASAR BERBENTUK DO LAB AT HOME UNTUK MELATIH KETERAMPILAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING DAN CREATIVE THINKING


Siti Herlina Dewi, 0404519001 (2022) PRAKTIKUM KIMIA DASAR BERBENTUK DO LAB AT HOME UNTUK MELATIH KETERAMPILAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING DAN CREATIVE THINKING. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0404519001 _Siti Herlina Dewi - Siti Herlina Dewi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis keterlaksanaan praktikum kimia dasar berbentuk do lab at home untuk materi asam-basa, 2) menganalisis profil pemecahan masalah kolaboratif (CPS), 3) menganalisis profil creative thinking skill mahasiswa setelah menjalankan praktikum berbentuk do lab at home berdasarkan data kuantitatif dan data kualitatif, dan 4) menganalisis respon mahasiswa terhadap praktikum kimia dasar berbentuk do lab at home. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Mixed Methods dengan desain exploratory sequential mixed methods. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa kimia dan pendidikan kimia semester 2. Pengambilan data dilakukan dengan tes, lembar observasi, dan angket. Data dianalisis secara kualitatif melalui tahapan pengumpulan, penyajian, analisis data dan penarikan simpulan. Teknik analisis data kuantitatif dengan statistika parametrik uji beda proporsi dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan praktikum do lab at home dapat berjalan lancar dan cukup efektif, terbukti dengan keterlaksanaan proyek dan ketepatan pengumpulan tugas; 2) Praktikum do lab at home dapat melatih keterampilan pemecahan masalah kolaboratif dan 3 ) creative thinking skill, di dalam penelitian ini keterampilan mahasiswa berada di tingkat sedang atau level pengembangan (developing); dan 4) Tanggapan mahasiswa secara umum memberikan hasil yang positif, mereka dapat meningkatkan keterampilan dan penguasaan konsep, serta mengurangi kejenuhan belajar terutama selama Pandemi Covid-19. Diperlukan desain lebih mendalam lagi terutama terkait cakupan materi (standarisasi), penambahan peer review terstruktur agar semua keterampilan CPS terakomodasi dengan baik, serta penggunaan soal tes dengan model two-tier dengan alasan terbuka agar analisisnya lebih sistematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: praktikum di rumah, praktikum kimia dasar, kemampuan pemecahan bermasalah kolaboratif, kemampuan berpikir kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 11:47
Last Modified: 30 Mar 2022 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49328

Actions (login required)

View Item View Item