KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR


Merdhenita Restuti, 0103517085 (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0103517085_MERDHENITA RESTUTI - Merdhenita Restuti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari karena pembelajaran IPS belum menggunakan strategi pembelajaran yang menarik dengan media pembelajaran yang dilakukan terbatas pada buku, gambar dan lingkungan sekitar. Pembelajaran ini belum mampu merangsang kemampuan berpikir kritis peserta didik sehingga berdampak pada pemahaman konsep yang masih rendah. Oleh karena itu diperlukan perubahan paradigma pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Prezi. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan model PBL berbantuan media Prezi terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep bagi siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan SD Negeri 2 Kaliajir sebagai kelas eksperimen mendapat perlakuan menggunakan model PBL berbantuan media Prezi dan SD Negeri 3 Petir sebagai kelas kontrol menggunakan model PBL.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, uji validitas konstruk, uji prasyarat penelitian serta uji hipotesis meliputi uji t test dan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran PBL berbantuan media Prezi terbukti valid pada pembelajaran IPS Kelas IV SD, 2) model pembelajaran PBL berbantuan media Prezi efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa, 3) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep setelah menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media Prezi. Hasil uji N-Gain kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol sebesar 0,2102 berkategori rendah dan kelas eksperimen sebesar 0,5069 berkategori sedang. Sedangkan hasil uji N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,3470 berkategori sedang dan pada kelas eksperimen 0,5738 berkategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media Prezi lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep pada pembelajaran IPS bagi siswa kelas IV SD dibandingkan dengan Model PBL. Saran dalam penelitian ini adalah agar dikembangkan lebih lanjut dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Media Prezi, Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 11:37
Last Modified: 30 Mar 2022 11:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49327

Actions (login required)

View Item View Item