EVALUASI PEMBELAJARAN DARING PENJASORKES PADA MASA PANDEMI COVID 19 SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE KECAMATAN CEPIRING KABUPATEN KENDAL


Moh. Aula Fika, 0602519006 (2021) EVALUASI PEMBELAJARAN DARING PENJASORKES PADA MASA PANDEMI COVID 19 SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE KECAMATAN CEPIRING KABUPATEN KENDAL. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis Moh Aula Fika setelah sidang new1-dikonversi - Moh Aula Fika.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi adalah kegiatan atau proses menilai sesuatu. Tujuan dari penelitian ini untuk : (1) mengevaluasi konteks terkait penerapan Pembelajaran Daring penjasorkes. (2) input terkait penerapan Pembelajaran Daring penjasorkes. (3) mengevaluasi proses Pembelajaran Daring penjasorkes (4) mengevaluasi hasil yang didapatkan dari penerapan Pembelajaran Daring penjasorkes di sekolah menengah pertama se Kecamatan Cepiring. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif, desain model evaluasi CIPP. Sumber data pada penelitian ini adalah waka Kurikulum, Guru Penjasorkes, Orang tua Siswa, dan Siswa SMP se Kecamatan Cepiring. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validasi data adalah triangulasi sumber dan teknik. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini (1) contex perlengkapan dan sarana prasarana pembelajaran penjas secara daring disiapkan oleh sekolah bagi para guru untuk memberikan materi dan tugas secara daring. (2) Input pembelajaran penjasorkes sebelum pandemi berjalan secara tatap muka, setelah terjadi pandemi dilakukan secara daring melalui media online. (3) Proses pembelajaran penjasorkes guru penjas di tuntut untuk memberikan materi dan tugas secara menarik, dan pembelajaran daring selalu di sajikan secara menarik . (4) Product pembelajaran penjasorkes secara daring siswa SMP se Kecamatan Cepiring mendapatkan nilai dari hasil belajar penjasorkes di atas KKM. Berdasarkan hasil penelitian, diambil beberapa kesimpulan bahwa Context yang di sediakan sekolah berupa perlengkapan dan sarana prasarana untuk pembelajaran daring. Input pembelajaran selama pandemi dilakukan selama 1 jam pelajaran/ minggu. Proses pembelajaran penjasorkes dilakukan guru dengan baik dan menarik. Product hasil pembelajaran penjasorkes secara daring siswa mampu mencapai nilai KKM dan menyelesaikan tugas yang di berikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: :Evaluasi, Penjasorkes, Covid 19
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 11:30
Last Modified: 30 Mar 2022 11:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49326

Actions (login required)

View Item View Item