PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS MODEL RADEC (READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN- CREATE) PADA SUBTEMA “MANFAAT ENERGI” UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR


Ika Dwi Lestari, 0103520058 (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS MODEL RADEC (READ-ANSWER-DISCUSS-EXPLAIN- CREATE) PADA SUBTEMA “MANFAAT ENERGI” UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0103520058 IKA DWI LESTARI TESIS - Ika Dwi Lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Inovasi bahan ajar khususnya di Sekolah Dasar merupakan pembaharuan sumber belajar yang berdasar pada analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan merujuk pada karateristik, kemampuan yang belum dikembangkan dengan maksimal, kondisi lingkungan, serta sarana dan prasarana di sekolah. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi bahan ajar sebagai solusi atas permasalahan yang menunjang proses pembelajaran dengan menekankan pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini bertujuan guna menciptakan produk berupa modul pembelajaran tematik integratif berbasis model pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) sebagai pembaharuan literatur yang mendorong peserta didik meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan dan mencipta. Penelitian memiliki enam tujuan, diantaranya; memaparkan keberadaan modul yang tersedia di kelas IV Sekolah Dasar(1), memaparkan karateristik modul yang tersedia di kelas IV Sekolah Dasar (2), memaparkan Prototipe pengembangan modul tematik integratif berbasis model RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) pada Subtema “Manfaat Energi” untuk kelas IV Sekolah Dasar (3), memaparkan karateristik pada pengembangan modul tematik integratif berbasis model RADEC (Read-Answer-Discuss- Explain-Create) pada Subtema “Manfaat Energi” untuk IV Sekolah Dasar (4), memaparkan kevalidan pada pengembangan modul tematik integratif berbasis model RADEC (Read- Answer-Discuss-Explain-Create) pada Subtema “Manfaat Energi” untuk kelas IV Sekolah Dasar (5), memaparkan keefektivan pada pengembangan modul pembelajaran tematik integratif berbasis model RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain- Create) pada Subtema “Manfaat Energi” untuk kelas IV Sekolah Dasar (6). Penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan mengadaptasi model penelitian sugiyono. Modul pembelajaran ini didasarkan pada subtema “Manfaat Energi”. Sintak atau langkah dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran RADEC (Read-Answer- Discuss-Explain-Create). Penelitian tersebut dilaksanakan di tiga sekolah dasar, dengan melibatkan peserta didik kelas IV di SDN Sumberjo III, Kec. Malo, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur, peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah 2, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur, serta peserta didik kelas IV di SD Islam Bani Hasyim, Kota Malang, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui kegiatan observasi, wawancara, angket, validasi, forum group discussion (FGD), pretest dan posttest, dokumentasi. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan, terdapat modul pembelajaran di kelas IV hanya membaca, menalar dan menjawab pertanyaan serta diskusi sederhana. Oleh karenanya, kemampuan mengkomunikasikan dan mencipta belum dikembangkan dengan maksimal. Hal tersebut tercermin bahwa peserta didik kesulitan ketika diminta untuk mengkomunikasikan atau menjelaskan hasil diskusi, serta kesulitan dalam menyusun atau mencipta teks karena belum mengetahui langkah- langkah dan komponen yang benar dalam menyusun teks. Penelitian ini mawarkan solusi berupa pengembangan modul pembelajaran tematik integratif berbasis model pembelajaran RADEC (Read- Answer-Discuss-Explain- Create) pada Subtema “Manfaat Energi”. Modul pembelajaran ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan vi bahwa uji kelayakan atau validitas pada materi/subtansi pada pembelajaran tematik memperoleh persentase sebanyak 88% dengan memperoleh kategori “Sangat Baik”. Sedangkan, hasil uji validitas terkait desain modul memperoleh persentase sebesar 92% dengan memperoleh kategori “Sangat Baik”. Uji efektivitas menunjukkan rata-rata hasil Pretest memperoleh persentase sebesar 72% dan rata-rata hasil Postest memperoleh persentase sebesar 83%. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 11%. Dapat simpulkan bahwa modul pembelajaran tematik integratif berbasis model pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) pada Subtema “Manfaat Energi” layak diimplementasikan dalam proses pembelajaran dan efektif dalam pengunaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Model RADEC
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 11:27
Last Modified: 30 Mar 2022 11:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49325

Actions (login required)

View Item View Item