KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING DAN THINK PAIR SHARE BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII
Zummala Rizqi Masykuroh, 0202517018 (2022) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING DAN THINK PAIR SHARE BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran menulis deksripsi yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan perkembangan abad 21 menuntut peserta didik untuk lebih produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui pengetahuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Selain itu, pembelajaran menulis teks deskripsi juga diharapkan melihat tipe kepribadian peserta didik. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan tipe kepribadian peserta didik. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) menganalisis keefektifan pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi dengan model Experiential Learning berdasarkan tipe kepribadian peserta didik kelas VII, 2) menganalisis keefektifan pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi dengan Think Pair Share berdasarkan tipe kepribadian peserta didik kelas VII, dan 3) menganalisis bagaimana perbedaan keefektifan pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi dengan model Experiential Learning dan Think Pair Share berdasarkan tipe kepribadian peserta didik kelas VII. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian two gruop experimen control. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 29 Semarang dan SMP Negeri 42 Semarang. Teknik pengumpulan menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Intrumen penelitian menggunakan intrumen tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji reabilitas, uji independent T test, dan Anova. Hasil penelitian ini, yaitu 1) melalui uji paired t-test dengan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes awal dengan tes akhir pada keterampilan menulis teks deskripsi di kelas eksperimen 1 yang menerapkan model experiential learning, 2) uji paired t-test dengan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes awal dengan tes akhir pada keterampilan menulis teks deskripsi di kelas eksperimen 2 yang menerapkan model think pair share, 3) uji paired t-test dengan nilai signifikansi 0,007 < 0,05 juga diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes akhir kedua kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi dengan model experintal learning efektif diterapkan pada peserta didik tipe kepribadian ekstrover dan introver, 2) pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi dengan model think pai share efektif diterapkan pada peserta didik tipe kepribadian ekstrover dan introver, 3) terdapat perbedaan antara kedua kelas eksperimen berdasarkan nilai peserta didik dan beberapa uji yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis teks deskripsi, model experiential learning, model think pair share, ekstrover, dan introver |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 08:28 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 08:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49324 |
Actions (login required)
View Item |