STRATEGI DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MUSIK BARAT BERBASIS MEDIA MICROSOFT TEAM DAN YOUTUBE PASCA PANDEMI DI SMA N 1 GUBUG


Heri Wijayanto, 0204517040 (2022) STRATEGI DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MUSIK BARAT BERBASIS MEDIA MICROSOFT TEAM DAN YOUTUBE PASCA PANDEMI DI SMA N 1 GUBUG. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of UPLOAD FILE LENGKAP TESIS - Heri Wijayanto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan pasca pandemi mengalami suatu transformasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Upaya proses pembelajaran musik pada SMA N 1 Gubug dilaksanakan secara daring. Microsoft Team dan YouTube menjadi media yang dipilih untuk dijadikan LMS dalam pembelajaran. Pembelajaran secara virtual yang akan menjadi kebutuhan masa depan, perlu adanya evaluasi secara ilmiah berbasis data. Berdasarkan temuan fenomena tersebut yang mendasari peneliti untuk melakukan penelitian bagaimana strategi dan efektivitas pembelajaran dalam pengorganisasian, penyampaian pembelajaran, dan pengelolaan pembelajaran musik secara daring. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini berupa deskriptif strategi dan efektivitas pembelajaran Musik Barat secara daring dengan menggunakan Microsoft Team dan YouTube. Data utama diperoleh melalui wawancara dan observasi, sedangkan data penunjang berupa dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru musik kelas XI, dan perwakilan siswa kelas XI MIPA 1. Setelah dilakukan pengumpulan data, dilanjutkan dengan menganalisis data secara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengorganisasian pembelajaran musik dilakukan dengan strategi makro yaitu mempersiapkan materi Musik Barat pada kelas XI dan diungguh pada Microsoft Team. Strategi penyampaian pembelajaran menggunakan metode daring berbasis presentasi hasil proyek menggunakan YouTube. Strategi pengelolaan pembelajaran musik yang dilakukan guru adalah mengelola penjadwalan dengan model syncronus dan asyncronus, melaksanakan penilaian, dan motivasi. Keefektifan pembelajaran menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran musik barat dari kriteria kualitas pengajaran, kesesuaian tingkat pengajaran, dan intensif pembelajaran dikatakan efektif. Kriteria waktu yang dibutuhkan belum efektif. Saran dari hasil penelitian ini didedikasikan kepada guru musik pada sekolah formal agar beradaptasi dalam pembelajaran secara virtual yang memaksimalkan LMS Microsoft Team dan YouTube. Dukungan sarana dan prasarana diperlukan dalam menunjang kemampuan belajar musik secara daring. Kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengkaji lebih lanjut mengenai kebutuhan motivasi siswa dalam meningkatkan belajar musik secara daring.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Musik, Microsoft Team, YouTube
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 08:24
Last Modified: 30 Mar 2022 08:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49323

Actions (login required)

View Item View Item