MUSIK KOMPANG: BENTUK KOMPOSISI, NILAI KEARIFAN LOKAL DAN FUNGSI SOSIAL DALAM UPACARA ADAT PERNIKAHAN MASYARAKAT DI RUPAT BENGKALIS RIAU


Nuril Fahmi, 0204517042 (2022) MUSIK KOMPANG: BENTUK KOMPOSISI, NILAI KEARIFAN LOKAL DAN FUNGSI SOSIAL DALAM UPACARA ADAT PERNIKAHAN MASYARAKAT DI RUPAT BENGKALIS RIAU. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS NURIL FAHMI 0204517042 - Nuril Fahmi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Musik kompang merupakan salah satu kesenian sangat terkenal dikalangan masyarakat Melayu Kabupaten Bengkalis dan sekitarnya, termasuk di Kecamatan Rupat. Sebagai hasil dari produk budaya sudah tentu musik kompang memiliki nilai-nilai budaya lokal (local genius) yang menjadi ciri khas atau identitas bagi masyarakat pemiliknya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tentang bentuk komposisi musik kompang, nilai-nilai kearifan lokal yang diekspresikan dalam pertunjukan musik kompang, dan fungsi sosial musik kompang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif analitikal. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teori komposisi musik, konsep kearifan lokal dan teori fungsionalisme. Proses analisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut. Pertama, komposisi musik kompang termasuk kedalam jenis struktur musik satu bagian dengan skema A (a,x) dan A’ (a,x), dengan bagian tambahan (auxiliary members) yang terdiri dari intro, transisi I dan Transisi II, serta Coda. Dari skema tersebut, memiliki aspek atau elemen musikal melodi dan ritme. Kedua, nilai kearifan lokal yang terefleksi dalam pertunjukan musik kompang adalah nilai religi, nilai kepemimpinan, nilai kerja sama, nilai tanggung jawab, dan nilai pendidikan. Ketiga keberadaan musik kompang dalam adat pernikahan difungsikan antara lain yaitu, 1) mengiringi tepuk tawar, 2) hiburan (bekompang malam), 3) mengiringi arak-arakan pengantin dan 4) mengiringi silat pengantin. Saran bagi pelaku seni musik kompang dan masyarakat setempat agar dapat melestarikan musik kompang sebagai identitas masyarakat Melayu di Kecamatan Rupat. Penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti ini dapat menjadi referensi dan motivasi bagi peneliti lain dengan sudut pandang serta teori yang berbeda. Hal tersebut berguna dalam memperkaya berbagai kajian komprehensif bagi kemajuan ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Musik Kompang, Masyarakat Melayu, Nilai Kearifan Lokal, Fungsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 08:21
Last Modified: 30 Mar 2022 08:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49322

Actions (login required)

View Item View Item