KEEFEKTIFAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK SE DABIN 5 KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN


Henny Meilina, 0108517004 (2021) KEEFEKTIFAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK SE DABIN 5 KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS Henny Meilina (revisi Ujian)_final_2 - cek turnitin (3) - Henny Meilina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Karakter sosial emosional dan kemandirian sangat penting dimiliki oleh anak usia dini. Proses perkembangan penguatan karakter anak pada aspek sosial emosional dan kemandirian bisa diperoleh melalui proses pendidikan. Salah satu metode pembelajaran yang dipandang mampu merubahnya adalah metode bermain peran pada tingkat kanak-kanak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan metode bermain peran dalam mengembangkan sosial emosional dan kemandirian anak usia dini di Taman kanak-kanak daerah binaan 5 Grobogan, serta perbedaan pengembangan karakter sosial emosional dan kemandirian anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah kelompok pretest dan posttest group. Populasi penelitian yaitu seluruh anak-anak Taman Kanak-kanak yang berada di daerah binaan 5 kabupaten Grobogan. Sampel penelitian yaitu Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Tungu sebanyak 15 anak dan Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Pahesan sebanyak 17 anak. Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Observasi dilakukan untuk mengamati karakter anak sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Teknik analisis data menggunakan perhitungan statistik Uji t. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bermain peran efektif untuk mengembangkan karakter sosial emosional dan karakter kemandirian anak. Terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran bermain peran terhadap karakter sosial emosional dibanding kemandirian anak, ditunjukkan dengan perbedaan nilai post test Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Tungu sebesar 42.07 dan Taman Kanak- kanak Dharma Wanita Pahesan sebesar 33,82 dengan selisih skor sebesar 8,25 dan signifikansi sebesar 0,005.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bermain Peran, Sosial Emosional dan Kemandirian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:54
Last Modified: 30 Mar 2022 07:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49313

Actions (login required)

View Item View Item