PENGARUH METODE LATIHAN DAN KOORDINASI MATA-KAKI TERHADAP AKURASI PASSING SEPAKBOLA DI SEKOLAH SEPAKBOLA KHATULISTIWA USIA 16 LIPAT KAIN SELATAN KABUPATEN KAMPAR-RIAU


Angga Thomas, 0602519062 (2021) PENGARUH METODE LATIHAN DAN KOORDINASI MATA-KAKI TERHADAP AKURASI PASSING SEPAKBOLA DI SEKOLAH SEPAKBOLA KHATULISTIWA USIA 16 LIPAT KAIN SELATAN KABUPATEN KAMPAR-RIAU. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS ANGGA THOMAS finish - Angga Thomas.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah rendahnya kemampuaan akurasi passing Sepakbola, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh metode latihan passing yaitu passing target sasaran tetap dan passing target sasaran berpindah, menganalisis pengaruh antara koordinasi mata-kaki tinggi dan rendah, menganalisis pengaruh antara latihan passing dengan koordinasi mata-kaki dan menganalisis interaksi antara metode latihan pasing dan koordinasi mata-kaki terhadap akurasi passing sepakbola. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2x2, teknik analisis data menggunakan Analysis Of Varian (Anova) pada taraf signifikasi (α: 0,05). Populasi dalam penelitian ini adalah Pemain SSB Khatulistiwa U-16 Lipatkain Selatan Kecamatan Kampar Kiri Tahun 2021 yang berjumlah 36 pemain. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 pemain. Hasil penelitian ini: 1. Untuk menganalisis antara latihan passing target sasaran tetap dan passing target sasaran berpindah terhadap akurasi passing Sepakbola dengan nilai sig (0.000) < α (0,05) dan nilai Fhitung (18,050) > Ftabel (0,225). 2. Untuk menganalisis antara koordinasi mata-kaki tinggi dan rendah terhadap akurasi passing Sepakbola dimana nilai sig (0,007), < α (0,05) dan Fhitung (8,450) > Ftabel (0,225). 3. Untuk menganalisis Metode Latihan Passing Target Sasaran Tetap dengan Koordinasi Mata-Kaki Tinggi dan Rendah Terhadap Akurasi Passing Sepakbola dengan nilai rata-rata 83,33 > 67,78. 4. Untuk menganalisis antara latihan passing target sasaran berpindah dengan koordinasi mata-kaki tinggi dan rendah terhadap akurasi passing Sepakbola dengan nilai rata- rata 85,56 > 80,00. 5. Untuk menganalisis interaksi antara metode latihan dan koordinasi mata-kaki terhadap akurasi passing Sepakbola dengan nilai sig (0,053) > α (0,05) dan Fhitung (4.050) > Ftabel (0,225). Simpulan dari penelitian ini adalah latihan passing target sasaran berpindah lebih baik untuk meningkatkan akurasi passing Sepakbola dari pada latihan passing target sasaran tetap, koordinasi mata-kaki tinggi lebih baik akurasi passingnya dari pada pemain yang memiliki koordinasi mata=kaki rendah. Saran bagi pemain dapat meningkatkan akurasi passing menggunakan latihan passing target sasaran tetap dan sasaran berpindah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Latihan, Koordinasi Mata-Kaki, Akurasi Passing Sepakbola
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:51
Last Modified: 30 Mar 2022 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49312

Actions (login required)

View Item View Item