PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA PENELITIAN DOSEN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAWA TENGAH MELALUI KOMITMEN TUJUAN TERINTEGRASI


Maylane Boni Abdillah, 0101617009 (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA PENELITIAN DOSEN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAWA TENGAH MELALUI KOMITMEN TUJUAN TERINTEGRASI. Doctoral thesis, UNNES.

[thumbnail of 3. Disertasi - D FuHreR.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja dosen merupakan faktor penting dalam upaya menjamin manajemen mutu perguruan tinggi, karena kinerja dosen merupakan ukuran kemampuan dan keterampilan personel dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan penghargaan terhadap komitmen tujuan terpadu dan komitmen terhadap kinerja dosen. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan langkah penelitian (rancangan) model persamaan struktural melalui pendekatan model Second Order Confirmatory Factor Analysis. Obyek penelitian adalah para dosen perguruan tinggi swasta lingkup koordinasi LL Dikti Wilayah VI Jawa Tengah yang memiliki jabatan fungsional minimal Asisten Ahli. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2020. Sampel penelitian adalah 365 dosen yang dipilih dengan menggunakan rumus Krejcie dan Morgan serta teknik purposive sampling. Variabel penelitian terdiri dari kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, penghargaan, komitmen terhadap tujuan terpadu dan kinerja penelitian dosen dengan 20 indikator. Hasil dan Kesimpulan: Kepemimpinan Transformasional berpengaruh terhadap Commitment to Integrated Goal (2,89 > 1,96) dan Commitment to Integrated Goal berpengaruh terhadap Kinerja Penelitian Dosen (nilai t 5,99 > 1,96). Budaya Organisasi berpengaruh terhadap Commitment to Integrated Goal (nilai t 3,68 > 1,96) dan Commitment to Integrated Goal berpengaruh terhadap Kinerja Penelitian Dosen (t value 5,99 > 1,96). Reward tidak berpengaruh terhadap Komitmen Terpadu Tujuan (nilai t 0,83 < 1,96) dan Komitmen Terpadu tidak berpengaruh terhadap Kinerja Penelitian Dosen (nilai t 7,32 > 1,96).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan transformasional, Budaya organisasi, Penghargaan, Komitmen, Kinerja Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:14
Last Modified: 30 Mar 2022 07:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49306

Actions (login required)

View Item View Item