PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK PENGUATAN HASIL BELAJAR DARING MATERI PROJECT TUGAS AKHIR PADA SISWA SMK BHINA TUNAS BHAKTI JUWANA


Akhid Aditia Rudiansyah, 0501517011 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK PENGUATAN HASIL BELAJAR DARING MATERI PROJECT TUGAS AKHIR PADA SISWA SMK BHINA TUNAS BHAKTI JUWANA. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0501517011 - akhid smkBTB.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang mana diketahui 70% siswa Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran Teori Kejuruan Pembuatan Project Tugas Akhir dikarenakan media yang digunakan guru kurang memotivasi siswa belajar. Tujuan penelitian penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Teori Kejuruan Pembuatan Project Tugas Akhir yang, (2)menganalisis kelayakan dan kepraktisanmedia pembelajaran, (3) menganalisis keefektifan penggunakan media pembelajaran. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS 6 menggunakan model pengembangan ADDIE. Alat pengumpul data kelayakan media pembelajaran menggunakan angket validasi ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Data kepraktisan media menggunakan angket penilaian oleh guru dan siswa. Data keefektifan media menggunakan instrumen soal. Uji validitas instrumen angket menggunakan formula Aiken’s V, dan instrumen soal divalidasi dengan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas instrumen angket menggunakan Cohen’s Kappa sedangkan uji reliabilitas instrumen soal menggunakan Split-Half technique .Hasil kelayakan oleh ahli materi diketahui sebesar 92 % yaitu pada kategori sangat layak dan ahli media menunjukan angka sebesar 82 % pada kategori sangat layak. Uji keefektifan media berbasis Adobe Flash CS 6 menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi adalah 0.000 .> 0.05 Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan Hasil uji N-gain adalah 56.5% yang termasuk pada kategori efektif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, media pembelajaran dapat digunakan oleh siswa Desain Pemodelan dan Informasi Bangunandi SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana sebagai media pembelajaran yang efektif untuk mata pelajaran teori kejuruan Pembuatan Project Tugas Akhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media ,Adobe Flash , Project Tugas Akhir
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:09
Last Modified: 30 Mar 2022 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49305

Actions (login required)

View Item View Item