PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN


Muflihatus Sholihah, 0501518003 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0501518003 TESIS - Muflihatus Sholihah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan pada era globalisasi berkaitan dengan perkembangan teknologi dan informasi yang berimbas pada sistem pendidikan. Melalui pendidikan, seseorang mendapatkan berbagai pengetahuan, keterampilan, sikap dan keahlian sebagai bekal memasuki dunia kerja. Pendidikan kejuruan merupakan salah satu pilihan sekolah yang mempersiapkan peserta didik untuk bekerja dalam bidang tertentu. Pemilihan media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektifitas pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangakan media pembelajaran video tutorial mata pelajaran desain busana untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek ketrampilan. Studi ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan adalah angket kelayakan, angket kepraktisan, dan performance test untuk mengukur efektifitas penggunaan media pembelajaran. Analisis yang diguankan dalam penelitian ini adalah (1) Kategorial untuk menentukan tingkat kelayakan media pembelajaran video tutorial; (2) Kategorial Guttman untuk menentukan tingkat kepraktisan media pembelajaran video tutorial; dan (3) N-Gain dan uji beda N-Gain (uji t) untuk menentukan keefektifan media pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan uji kelayakan video pembelajaran diperoleh hasil 4,71 oleh ahli media dan 4,82 oleh ahli materi, keduanya berada pada kriteria sangat layak. Tanggapan dari guru dan siswa sebagai validai user kepraktisan media pembelajaran video tutorial memperoleh hasil dengan rata-rata 95% dengan kriteria sangat praktis. Uji efektifitas pada kelas eksperimen diperoleh bobot skor sebesar 77% dimana media pembelajaran video tutorial memperoleh kriteria efektif dan signifikan untuk meningkatkan hasil belajar pada aspek ketrampilan siswa kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Ibu Kartini Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Video Tutorial
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:05
Last Modified: 30 Mar 2022 07:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49304

Actions (login required)

View Item View Item