PEMAHAMAN GURU SEJARAH TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM 2013 PADA SMK DI KABUPATEN KENDAL


Wahyu Trisnajati, 3101416076 (2021) PEMAHAMAN GURU SEJARAH TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM 2013 PADA SMK DI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101416076 - Wahyu Trisnajati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum 2013 diterapkan mulai tahun ajaran 2013/2014 untuk menggantikan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) 2006. Pada kenyataannya, penerapan Kurikulum 2013 belum maksimal karena kurangnya pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013 yang berpengaruh kepada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pemahaman guru sejarah mengenai Kurikulum 2013, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah di 4 smk menggunakan kurikulum 2013, (3) Kendala serta hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran sejarah menggunakan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di 4 SMK di Kabupaten Kendal, yaitu SMK Negeri 4 Kendal, SMK Harapan Mulya, SMK Negeri 2 Kendal, dan SMK Negeri 1 Kendal. Informan dalam penelitian ini adalah semua guru sejarah di masing-masing sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi langsung, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan teori. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman guru sejarah terhadap Kurikulum 2013 pada 4 SMK di Kabupaten Kendal bervariasi, karena proses dialektika yang guru alami melalui pengalaman yang berbeda dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Guru dalam mengimpelentasikan Kurikulum 2013 pada pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik sekolah, sarana dan prasarana sekolah.Kendala yang dihadapi guru yaitu mengenai keaktifan siswa, kurangnya literasi, penggunaan model dan metode pembelajaran, serta kurangnya pelatihan bagi guru untuk membantu pemahaman guru mengenai penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian, saran yang ingin peneliti berikan untuk guru sejarah, hendaknya lebih meningkatkan pemahaman terhadap Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah, sebagai sistem pendidikan Kurikulum harus mampu dipahami oleh guru agar pembelajaran terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan pendidikan.. Untuk sekolah, hendaknya meningkatkan pemberian informasi terhadap guru sejarah terkait Kurikulum 2013 melalui evaluasi atau pelatihan.Untuk pemerintah, hendaknya meningkatkan pelatihan dan seminar bagi guru secara merata dan menyeluruh terkait penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran untuk membantu pemahaman guru mengenai pelaksanaan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Guru Sejarah, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:01
Last Modified: 30 Mar 2022 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49301

Actions (login required)

View Item View Item