Apresiasi siswa SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang terhadap lagu wajib Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
Ratih Pratiwi, 2008 (2008) Apresiasi siswa SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang terhadap lagu wajib Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Apresiasi siswa SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang terhadap lagu wajib Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya)
- Published Version
Download (20kB) | Preview |
Abstract
Ratih Pratiwi. 2008. Apresiasi siswa SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang terhadap lagu wajib Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Skripsi Jurusan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang adalah Sekolah Menengah Pertama yang merupakan wadah pembentukan, pengembangan peserta didik usia 12-15 tahun, melalui kegiatan-kegiatan pengajaran yang diselenggarakan di dalamnya. Dari salah satu diantaranya adalah pengajaran pendidikan seni musik yang merupakan wujud dari wadah pengembangan pribadi peserta didik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apresiasi Siswa SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang Terhadap Lagu Wajib Indonesia dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Apresiasi Siswa SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang Terhadap Lagu Wajib Indonesia dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang. Dengan sasaran penelitian tentang Apresiasi Siswa SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang Terhadap Lagu Wajib Indonesia dan Faktor-faktor Yang Mempengruhinya. Tahapan apresiasi yang dilaksanakan meliputi proses mendengarkan, memahami, menghayati, menilai dan menghargai. Terhadap lagu wajib Indonesia khususnya lagu Berkibarlah Benderaku dan lagu Halo-halo Bandung. Teknik pengumpulan data meliputi teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif mencakup reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa Apresiasi Siswa SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang Terhadap Lagu Wajib Indonesia, tinggi. Dilihat melalui proses mendengarkan, memahami, menghayati, menilai dan menghargai. Dan melalui angket sehingga menghasilkan kurva tingkat apresiasi siswa yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan adanya respon, reaksi dan antusias siswa dalam mengikuti proses apresiasi terhadap lagu wajib Indonesia yang diadakan oleh penulis dibantu oleh guru seni musik. Faktor-faktor yang mendukung Apresiasi Siswa terhadap Lagu Wajib Indonesia meliputi: faktor dari dalam diri siswa dan faktor dari luar diri siswa. Berpijak dari hasil penelitian disarankan kepada sekolah penyediaan buku-buku musik dan sejarah musik diperpustakaan yang masih jarang, sedikit demi sedikit jumlahnya ditambah, agar memberi kemudahan kepada siswa dalam mempelajari sejarah/ latar belakang penciptaan sebuah lagu.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 29 Sep 2011 03:12 |
Last Modified: | 29 Sep 2011 03:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4930 |
Actions (login required)
View Item |