HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DAN REGULASI DIRIDENGAN KECANDUAN SMARTPHONE PADA SISWA SMA NEGERIDI SURAKARTA UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Muslihatin Nur Azizah, 1301416053 (2021) HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DAN REGULASI DIRIDENGAN KECANDUAN SMARTPHONE PADA SISWA SMA NEGERIDI SURAKARTA UTARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301416053 - muslihatin azizah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena kecanduan smartphone pada siswa sekolah. Kecanduan smartphone adalah perilaku penggunaan smartphone secara berlebihan dan melampaui batas yang berpengaruh terhadap kehidupan siswa. Di zaman serba teknologi ini kehadiran smartphonetermasuk barang wajib siswa, namun penggunaan yang berlebihan akan berakibat buruk. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajeman waktu dan regulasi diri dengan kecanduan smartphone pada siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random samplingdan.purposive sampling. Sampel penelitian diambil dari tiga SMA Negeri di Surakarta Utara yang berjumlah 283 siswa kelas XI. Alat pengumpul yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yakni skala manajeman waktu, skala regulasi diri dan skala kecanduan smartphone. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1)ada hubunganyang siginifikan antara manajemen waktu dan kecanduan smartphonepada siswa SMA Negeri di Surakarta Utara,(2) ada hubungan yang siginifikan antara regulasi diri dan kecanduan smartphonepada siswa SMA Negeri di Surakarta Utara,(3) ada hubungan yang siginifikan antara manajemen waktu dan regulasi diri secara bersama-sama terhadap kecanduan smartphonepada siswa SMA Negeri di Surakarta Utara. Hasil ini menujukan bahwa semakin tinggi tingkat regulasi diri dan menajeman waktu siswa akan diikuti dengan rendahnya tingkat kecanduan smartphone siswa.Saran dari hasil penelitian ini adalah sebaiknya guru BK memberikan materi untuk dapat meningkatkan kemampuan manajemen waktu dan regulasi siswa serta materi tentang penggunaan smartphone yang baik melalui layanan klasikal maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: regulasi diri, manajeman waktu dan kecanduan smartphone
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Mar 2022 05:54
Last Modified: 30 Mar 2022 05:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49297

Actions (login required)

View Item View Item