IMPLEMENTASI PEMISAHAN KELAS BERBASIS JENIS KELAMIN DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUSSA’ADAH MIJEN SEMARANG
Riva Aji Prawiro, 1102413029 (2020) IMPLEMENTASI PEMISAHAN KELAS BERBASIS JENIS KELAMIN DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUSSA’ADAH MIJEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sekolah madrasah yang memiliki kebijakan pemisahan kelas berbasis jenis kelamin, memisahkan kelas laki-laki dengan kelas perempuan. MTs. Miftahussa’adah Mijen Semarang menerapkan program ini dengan tujuan agar peserta didik dapat fokus dan konsentrasi dalam kegiatan belajar sehingga berdampak kepada sikap karakter dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari pemisahan kelas kepada sikap karakter, dan hasil belajar peserta didik laki-laki maupun perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa program pemisahan kelas berbasis jenis kelamin dalam penggunaan sarana prasarana laboratorium, perpustakaan, dan lapangan olahraga tidak dibedakan, namun digunakan secara bergantian. Kantin, toilet, ruang ganti dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Sikap peserta didik di dalam kelas menunjukkan perbedaan antara peserta didik laki-laki dan perempuan, peserta didik laki-laki lebih aktif bertanya dan percaya diri dalam mempresentasikan hasil tugasnya di depan kelas, berbeda dengan kondisi kelas perempuan yang cenderung lebih sunyi, diam, peserta didik perempuan tidak aktif bertanya dan ketika mempresentasikan hasil tugas di depan suaranya terdengar pelan. Namun ditemukan beberapa pelanggaran di kelas laki-laki selama proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan sikap di luar terlihat tertib dalam menggunakan fasilitas. Dalam kegiatan ektrakulikuler peserta didik laki-laki mampu mengambil inisiatif dan terlihat semangat dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Selain itu kegiatan ektrakulikuler dibuat sama antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Perbandingan hasil belajar ranah kognitif menunjukkan rata-rata nilai rapot laki�laki dan perempuan sama tidak jauh berbeda, baik di mata pelajaran Bahasa Inggris maupun mata pelajaran Matematika. Kelas laki-laki mempunyai nilai rata-rata Bahasa Inggris 77,20 dan 78,10 untuk kelas perempuan. Untuk rata rata matematika kelas laki-laki mendapat nilai 76,25 dan 76,94 untuk kelas perempuan. Untuk ranah afektif menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan, namun dalam aspek kebersihan peserta didik perempuan lebih baik daripada laki-laki. Untuk ranah psikomotorik rata-rata kelas laki-laki dan perempuan sama pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas laki-laki 84,45 dan 84,07 unruk kelas perempuan. Untuk rata-rata Matematika kelas laki-laki 84,20 dan 85,12 untuk kelas perempuan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemisahan Kelas, Jenis Kelamin, MTS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 05:38 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 05:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49296 |
Actions (login required)
View Item |