PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP PEDULI PESERTA DIDIK TERHADAP KESELAMATAN KERJA LABORATORIUM
Mila Trisna, 0402519005 (2021) PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP PEDULI PESERTA DIDIK TERHADAP KESELAMATAN KERJA LABORATORIUM. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan efektifitas e-magazine berorientasi Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli keselamatan kerja laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE dengan menerapkan pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 51 orang peserta didik kelas X MIA SMA N 7 Kota Jambi. Instrumen penelitian berupa angket validasi ahli, angket keterbacaan bahan ajar, soal tes kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli keselamatan laboratorium. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan hasil: (1) E- magazine berorientasi PBL sangat valid; (2) E-magazine efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dilihat dari rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 80,1 dan kelas kontrol sebesar 71,3. Rata-rata N-gain kelas eksperimen adalah sebesar 0,59 (sedang) dan pada kelas kontrol sebesar 0,33 (sedang); (3) E- magazine efektif meningkatkan sikap peduli keselamatan dilihat dari rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 79,6 dan kelas kontrol sebesar 74,7. Rata-rata N-gain kelas eksperimen adalah sebesar 0,55 (sedang) dan pada kelas kontrol sebesar 0,42 (sedang). Berdasarkan hasil penelitian, e-magazine berorientasi PBL valid digunakan dalam pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli keselamatan laboratorium.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-magazine, Problem based learning, kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli keselamatan laboratorium |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 06:47 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 06:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49290 |
Actions (login required)
View Item |