Pengembangan Model Project Based Learning Terintegrasi Etno-STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa SMA


Wahyu Lestari, 0404517005 (2022) Pengembangan Model Project Based Learning Terintegrasi Etno-STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa SMA. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 1. Tesis Full  Wahyu Lestari_0404517005 - wahyu lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Partnership for 21st Century Learning (P21) menuntut Kemendikbud merumuskan paradigma pembelajaran dengan menekankan pada kemampuan siswa untuk mencari tahu pengetahuan dari berbagai sumber, berfikir analisis, kerjasama serta kolaborasi dalam menyelesaikan masalah. Oleh sebab itu dalam pembelajaran dibutuhkan sebuah inovasi model pembelajaran yang dapat diterapkan mampu membekali siswa pada keterampilan abad 21. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan model Project Based Learning terintegrasi Etno-STEM dalam pembelajaran kimia di SMA, khususnya dalam meningkatkan keterampilan abad 21 yang meliputi Critical Thinking, Creative, Communication dan Collaboration. Penelitian ini menggunakan prosedur R&D yang meliputi tahap define, design, dan develop. Desain penelitian dengan One group pretest-posttest design untuk melihat kelayakan model Project Based Learning terintegrasi Etno-STEM sebagai produk pengembangan dalam penelitian. Tekinik pengumpulan data menggunakan metode tes dan non tes, untuk mengukur aspek keterampilan berpikir abad 21. Subjek penelitian adalah kelas XI MA Riyadlotut Thalabah Sedan. Teknik analisis data dilakukan secara analisis deskriptif dan statistik inferensial (uji N-gain). Hasil penelitian menunjukkan karakteristik Model Project Baesd Learning (PjBL) Terintegrasi Etno-STEM yang dikembangkan didasarkan pada enam pilar utama yaitu berpusat pada kurikulum, bersifat kontekstual, berbasis masalah nyata, investigasi konstruktif, proyek bersifat realistik dan otonomi berada pada siswa. Hasil validasi perangkat model PjBL terintegrasi Etno-STEM untuk materi sistem koloid yang dikembangkan memperoleh kriteria valid untuk digunakan dalam pembelajaran dengan nilai V=0,81 kategori tinggi. Penerapan model PJBL terintegrasi Etno-STEM memenuhi kriteria kelayakan dengan rerata hasil tes keterampilan berpikir kritis adalah 71,17 (baik), dan rerata pencapaian N-gain adalah 0,40 kategori sedang. Keterampilan kreativitas produk 69,46 (cukup), keterampilan komunikasi 65,00 (cukup) serta keterampilan kolaborasi 72,78 (baik). Respon siswa terhadap implementasi model PJBL terintegrasi Etno-STEM mendapat respon positif dari siswa dengan rerata skor 72,30 (setuju). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model Project Baesd Learning (PjBL) terintegrasi Etno-STEM mampu meningkatkan keterampilan abad 21 dengan baik dan mendapat respon positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning; Etno-STEM; Keterampilan Abad 21, Project Based Learning, Etno-STEM, 21st Century Skills
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:50
Last Modified: 30 Mar 2022 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49289

Actions (login required)

View Item View Item