KESIAPAN GURU KEJURUAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GEOMATIKA BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN


Naufal Tinov, 0501517023 (2021) KESIAPAN GURU KEJURUAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GEOMATIKA BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0501517023-naufal tinov - Naufal Tinov.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Instruksi Presiden no. 2 tahun 2018 tentang percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap di seluruh wilayah republik Indonesia bahwa menjadi program yang berkelanjutan yaitu sertifikat tanah secara massal yang setidaknya membutuhkan 3000 lulusan SMK menjadi Juru Ukur Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Secara teknis STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Negara) tidak mampu memaksimalkan sumber daya manusianya. Kompetensi Keahlian Teknik Geomatika yang sebelumnya memiliki nomenklatur Kompetensi Keahlian Teknik Survei Pemetaan yang masih berada pada Program Keahlian Teknik Sipil setelah itu memisahkan diri menjadi Program Keahlian yang disebut Program Keahlian Teknik Geomatika. Guru produktif Teknik Geomatika SMK yang ada berasal dari program studi yang dianggap tidak linier maka dianggap kesiapan guru produktif Teknik Geomatika masih rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan produktif guru kejuruan Teknik Geomatika menggunakan survei dengan metode evaluasi Stake model (Countenance Evaluation Model), penggunaan evaluasi stake model terdiri dari aspek antecendent (masukan) yaitu Merencanakan pembelajaran, aspek transaction (proses) yaitu pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar serta mengevaluasi siswa, dan aspek outcomes (hasil) yaitu kompetensi kerja. Hasil penelitian ini menjelaskan kesiapan guru teknik geomatika dari aspek antecendent terpenuhi 9 dari 10 item sub-indikator, aspek transaction terpenuhi dari 11 dari 13 item sub-indikator, dan aspek outcomes terpenuhi 6 dari 12 item sub-indikator. Guru produktif teknik geomatika di jawa tengah berjumlah 21 orang yang linier ijazahnya hanya 1 orang guru sedangkan 20 orang lainnya tidak linier, 3 orang guru yang mempunyai sertifikat pendidik, dan 1 orang mempunyai sertifikat keahlian bidang teknik geomatika. Dari hasil-hasil tersebut guru produktif Teknik Geomatika dari 3 aspek stake masuk dalam kategori siap.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Guru Produktif, Teknik Geomatika
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:42
Last Modified: 30 Mar 2022 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49286

Actions (login required)

View Item View Item