EVALUASI PROGRAM UNIT PRODUKSI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN IBU KARTINI SEMARANG DENGAN PENDEKATAN CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT


Rizky Yanda Shagira, 0501517008 (2021) EVALUASI PROGRAM UNIT PRODUKSI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN IBU KARTINI SEMARANG DENGAN PENDEKATAN CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis_0501517008_Rizky Yanda Shagira - RIZKY YANDA SHAGIRA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi Unit Produksi SMK Ibu Kartini terdapat kendala diantaranya siswa kurang semangat dan belum melaksanakan latihan praktik industri dengan baik, sedangkan sudah terjadwal dalam mata pelajaran kejuruan. terdapat lulusan belum dapat memenuhi tuntutan lapangan kerja sesuai dengan spesialisnya, sehingga diperlukan peningkatan performa pada unit produksi sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian survei sedangkan analisi data menggunakan deskriptif kuantitatif, yang bertujuan mengevaluasi program Unit Produksi SMK Ibu Kartini Semarang. Responden dalam penelitian ini adalah pimpinan sekolah, pengelola unit produksi, guru, dan mitra unit produksi. Valisitas Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif pada aspek Contex, input, process dan product, kemudian di evaluasi secara keseluruhan menggunakan kuadran Glickman. Instrumen dalam penelitian menggunakan kuesioner, validitas yang dihitung menggunakan korelasi produk momen, seluruh butir soal menunjukan hasil valid. Reabilitas dianalisis dengan Cronbach alpha. Reabilitas pengelola dan mitra sebesar 0,751, sedangkan reabilitas koesioner siswa menunjukan angka 0,755. Hasil kuesioner diperoleh capaian pada aspek kontek dengan responden pimpinan sekolah dan pengelola sebesar 80,9% dan responden siswa sebesar 83%. Aspek masukan dengan responden pimpinan sekolah dan pengelola menunjukan 80,17% dan siswa 85,85%, aspek proses pimpinan sekolah dan pengelola memberikan penilaian 79,71% dan siswa 85,74%, pada aspek produk diperoleh presentase penilaian pimpinan sekolah dan pengelola 86% dan siswa 84,92%. Secara keseluruhan menggunakan prototype kuadran glickman menunjukan hasil cukup efektif dengan hasil perhitungan pimpinan sekolah dan pengelola (+ - + +) dan Siswa menunjukan hasil ( + + + - ). Berdasarkan hasil diatas Unit Produksi sudah berjalan dengan baik namun perlu adanya perbaikan pada sumberdaya, penyelarasan antara pembelajaran jurusan dengan Unit Produksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: CIPP, Evaluasi, Unit Produksi, Performa, SMK Ibu Kartini
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:38
Last Modified: 30 Mar 2022 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49285

Actions (login required)

View Item View Item