MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERORIENTASI STEM DAN BIOENTREPENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILLS, MINAT WIRAUSAHA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA.


Abdul Latif, 0402515037 (2021) MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERORIENTASI STEM DAN BIOENTREPENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILLS, MINAT WIRAUSAHA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0402515037 - DNS Bird Farm.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Soft Skills dan minat berwirausaha adalah jenis keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi bonus puncak demografi indonesia (2020-2035). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peningkatan soft skills, minat wirausaha dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran proyek berorientasi STEM dan bioentrepeneurship. Metode penelitian menggunakan quasi experimental design dengan bentuk one grup pretest and posttest design. Penelitian dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Wedung dengan jumlah 64 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan tes. lembar angket digunakan untuk mengukur soft skills dan minat wirusaha peserta didik sedangkan tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan standar kriteria dan N-gain. Standar kriteria untuk mengukur soft skills dan minat wirausaha sedangkan N-gain untuk mengukur peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase skor soft skills peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2 berada dalam kategori tinggi yakni 71,19% sedangkan presentase skor minat wirausaha dalam kategori cukup tinggi yakni 60%, serta rata-rata indeks gain peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,6382 artinya kelas eksperimen mempunyai peningkatan hasil belajar tergolong tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran proyek berorientasi STEM dan bioentrepeneurship meningkatkan soft skills, minat wirausaha dan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Wedung Kabupaten Demak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Minat Wirusaha, Soft skills, dan STEM
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:29
Last Modified: 30 Mar 2022 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49283

Actions (login required)

View Item View Item