PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING BAGI PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI


Arizky Ramadhan, 0601618012 (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW TEACHING GAME FOR UNDERSTANDING BAGI PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI. Doctoral thesis, UNNES.

[thumbnail of FInal_ARIZKY R - Arizky Ramadhan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa dalam memainkan sepak takraw harus menguasai dan memiliki kemampuan dasar terlebih dahulu sebelum dapat memainkannya. Seorang pendidik atau pelatih diperlukan pemahaman dan kreativitas dalam pembelajaran sepak takraw. Pendidik dan pelatih harus memiliki strategi pembelajaran pada penyampaian pembelajaran sepak takraw sehingga mahasiswa mendapatkan hasil belajar yang baik dan cara yang digunakan yaitu mengambangkan model pembelajaran sepak takraw dengan menggunakan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGFU). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas dua tahap, yaitu: tahap pendahuluan dan tahap pengembangan. Tahap pendahuluan terdiri dari: observasi dan studi lapangan. Tahap pengembangan terdiri dari: penyusunan draf awal, validasi ahli, ujicoba skala kecil, ujicoba skala besar, produk akhir, dan uji keefektifan. Validasi ahli melibatkan 2 orang ahli dengan teknik delphi. Desain uji lapangan menggunakan times series design. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan wawancara. Analisis data untuk menentukan validitas menggunakan Content Validity Ratio (CVR). Analisis data untuk keefektifan menggunakan Uji Sample Paired t Test. Hasil penelitian ini adalah (1) produk berupa pengembangan model pembelajaran sepak takraw Teaching Game For Understanding bagi peningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan jasmani kesehatan rekreasi, (2) produk ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa baik dari nilai afektif, kognitif dan psikomotor. Model pembelajaran sepak takraw dengan Teaching Game For Understanding efektif bagi peningkatkan hasil belajar pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: model, pembelajaran sepak takraw, teaching game for understanding, mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S3
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:06
Last Modified: 30 Mar 2022 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49277

Actions (login required)

View Item View Item