PENGARUH MULTIMEDIA FILM ANIMASI “NUSSA DAN RARA” TENTANG PERAN KEIBUAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENYIMAK ANAK USIA DINI


Moslem Ahmad Hestu Riza, 0108517023 (2022) PENGARUH MULTIMEDIA FILM ANIMASI “NUSSA DAN RARA” TENTANG PERAN KEIBUAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DAN MENYIMAK ANAK USIA DINI. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0108517023 - MOSLEM AHMAD HESTU RIZA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berbicara dan menyimak merupakan keterampilan bahasa reseptif yang saling berkaitan dan sangat penting untuk diperhatikan dan ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan keterampilan menyimak adalah dengan cara memberikan media pembelajaran yang menarik. Media yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan menyimak pada anak usia dini adalah media film animasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peran keibuan pada multimedia film animasi Nussa dan Rarar terhadap keterampilan berbicara dan menyimak anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah seluruh anak usia dini usia 5-6 tahun yang berada di dalam gugus PAUD Melati Kecamatan Kerinci Kabupaten Siak Provinsi Riau yang berjumlah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling karena melibatkan anak usia dini dalam penelitian. Sampel yang terlibat pada penelitian ini telah bersedia dan memperoleh persetujuan dari orangtua dan guru untuk terlibat dalam penelitian ini. Skor keterampilan berbicara dan menyimak pada anak usia dini dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan catatan anekdot. Analisis data pada penelitian ini meliputi analisis data deskriptif dan analisis data inferensial yaitu menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan peran keibuan pada multimedia film animasi terhadap keterampilan berbicara dan menyimak pada anak usia dini. Pengaruh peran keibuan pada fim animasi Nussa dan Rara terhadap keterampilan berbicara sebesar 81,29%. Adapun pengaruh peran keibuan pada film animasi Nussa dan Rara terhadap keterampilan menyimak sebesar 53,51%. Film animasi merupakan media yang menjadi solusi efektif untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan menyimak. Hasil pada penelitian ini relevan dengan penelitian sebelumnya, namun pada penelitian ini tidak hanya membahas pengaruh multimedia film animasi terhadap keterampilan berbicara dan menyimak, pada penelitian ini secara khusus membahas pengaruh peran keibuan yang terdapat pada film animasi Nussa dan Rara terhadap keterampilan berbicara dan menyimak pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Film Animasi, Berbicara, Menyimak
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:33
Last Modified: 30 Mar 2022 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49273

Actions (login required)

View Item View Item