PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ELECTRONIC PUBLICATION (EPUB) PADA KOMPETENSI DASAR PEMBUATAN GAMBAR DOKUMEN TENDER KELAS XI BKP SMK N 1 BLORA


Muhammad Habib Alfian, 0501518001 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ELECTRONIC PUBLICATION (EPUB) PADA KOMPETENSI DASAR PEMBUATAN GAMBAR DOKUMEN TENDER KELAS XI BKP SMK N 1 BLORA. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis Muhammad Habib Alfian fix - habib alfian.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Siswa merupakan salah satu pilar penting generasi penerus bangsa, maka dalam proses pembelajaran harus mampu meningkatkan kreativitasnya sehingga terasah keterampilannya dan menghasilkan keluaran atau lulusan yang siap menghadapi tantangan di abad 21. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar yang efektif dan signifikan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan E- modul berbasis file Electronic Publication (EPUB) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini menerapkan metode R & D dengan desain yang dipilih adalah ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kelayakan e-modul, angket kepraktisan e-modul, angket keefektifan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam penggunaan e-modul berbasis epub. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) kategorial untuk menentukan tingkat kelayakan e-modul berbasis epub; (2) kategorial untuk menentukan tingkat kepraktisan e-modul berbasis epub, yaitu menggunakan koefisien Kr dan Ks; dan (3) N-Gain dan uji beda N-Gain menggunakan uji t, untuk menentukan kefektifan e-modul berbasis epub terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan uji kelayakan menurut tanggapan ahli media dan ahli materi memperoleh kriteria tanggapan e-modul berbasis epub sangat layak. Uji kepraktisan menurut tanggapan dari guru dan siswa sebagai pengguna, kepraktisan e-modul berbasis epub memperoleh kriteria penilaian sangat praktis. Dan uji efektifitas pada kelas eksperimen, e-modul berbasis epub memperoleh kriteria efektif dan signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan aspek psikomotorik. Sedangkan dalam hasil belajar pada aspek afektif e-modul tidak efektif, namun masih signifikan perbedaan dari kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI BKP di SMK N 1 Blora.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, E-Modul berbasis Electronic Publication (EPUB), dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:16
Last Modified: 30 Mar 2022 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49272

Actions (login required)

View Item View Item