MODEL PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MELATIH PRACTICAL SKILL MAHASISWA PADA MATA KULIAH BATIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Dwi Putri Asih, 0501519006 (2021) MODEL PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MELATIH PRACTICAL SKILL MAHASISWA PADA MATA KULIAH BATIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0501519006 - Dwi Putri Asih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Mata kuliah batik merupakan mata kuliah praktik dimana dalam proses pembelajarannya secara efektif dilakukan secara tatap muka. Namun, kegiatan pembelajaran batik tidak bisa berjalan secara efektif pada masa disaster (covid-19). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membatik mahasiswa dengan model pembelajaran online pada mata kuliah batik di Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan, prosedur pengembangan dalam penelitian ini diadaptasi dari model ADDIE yang meliputi tahap analisis studi pendahuluan dan literasi, penyusunan draf model pembelajaran, pengembangan model pembelajaran, penerapan model pembelajaran kepada subjek penelitian, dan revisi produk. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari kelas eksperimen 10 mahasiswa dan kelas kontrol 10 mahasiswa. Berdasarkan hasil validasi ahli model pembelajaran, semua indikator disetujui dengan beberapa perbaikan. Hasil efektifitas berdasarkan uji coba yang dianalisis melalui dampak hasil belajar mahasiswa mata kuliah batik. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen memiliki skor yang relatif lebih tinggi yaitu 85,3 dan kelas kontrol 80,1. Sedangkan nilai N-Gain sebesar 64% yang berarti model pembelajaran online pembelajaran batik cukup efektif meningkatkan hasil belajar dan solusi pelaksanaan pembelajaran praktik pada masa disaster.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mata Kuliah Batik, Model Pembelajaran Online, Pembelajaran Praktik
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:11
Last Modified: 30 Mar 2022 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49271

Actions (login required)

View Item View Item