KEEFEKTIFAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR


Riana Denik Ratiwi, 0103519002 (2021) KEEFEKTIFAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS fiks_Riana Denik Ratiwi - Riana Denik Ratiwi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher center), rendahnya pemahaman konsep IPS kelas IV SD sedabin Ahmad Yani Kecamatan Kemusu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan Discovery Learning dan Numbered Head Together pada pemahaman konsep pembelajaran tematik muatan Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment (ekperimen semu) dengan rancangan Nonequivalent Control-Group Desaign. Pengumpulan data menggunakan Teknik tes pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas sebaran, uji homogenitas varians, uji proporsi, uji N-gain dan Uji Paried Sample T-Test. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan Pemahaman konsep pada kelas eksperimen yang menggunakan Discovery Learning memperoleh skor rata- rata 21,142 dan termasuk kategori sangat tinggi, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan Numbered Head Together memperoleh skor rata- rata yaitu 18,357 dan juga termasuk kategori tinggi akan tetapi skor rata-rata Discovery Learning lebih tinggi dibandingkan Numbered Head Together. Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep pembelajaran tematik muatan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji t-test diperoleh hasil = 3,446, 0,002 maka dapat disimpulkan < 0,05 maka ada perbedaan yang sangat signifikan antara Discovery Learning dengan Numbered Head Together terhadap pemahaman konsep pembelajaran tematik siswa kelas IV SD sedabin Ahmad Yani Kecamatan Kemusu. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Discovery Learning efektif guna meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran tematik muatan IPS kelas IV SD sedabin Ahmad Yani Kecamatan Kemusu. SD sedabin Ahmad Yani Kecamatan Kemusu. Model pembelajaran tersebut dapat menjadi referensi untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep IPS, Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 03:06
Last Modified: 30 Mar 2022 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49270

Actions (login required)

View Item View Item