ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL KOMIK ETNOMATEMATIKA


Lukmanul Hakim, 0401518071 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL KOMIK ETNOMATEMATIKA. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis Lukmanul Hakim 0401518071 - Lukmanul Hakim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis kualitas pembelajaran problem based learning berbantuan modul komik etnomatematika terhadap kemampuan penalaran matematis dan menganalisis kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemandirian belajar pada pembelajaran problem based learning berbantuan modul komik etnomatematika. Populasi penelitian siswa kelas VII SMP Ma’arif Kyai Gading. Pemilihan sample menggunakan teknik claster random sampling, kelas VII A kelas eksperimen dengan pembelajaran problem based learning berbantuan modul komik etnomatematika dan kelas VII B kelas kontrol dengan pembelajaran discovery learning. Pengumpulan data dengan dokumentasi, tes dan non tes. Analisis data kuantitatif dengan uji ketuntasan klasikal, uji ketuntasan rata-rata, uji beda rata-rata, dan uji regresi. Analisis data kualitatif menggunakan uji keabsahan, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pembelajaran problem based learning berbantuan modul komik etnomatematika berkualitas. Mulai perencanaan dengan instrumen penelitian dan perangkat pembelajaran dinyatakan layak melalui validasi ahli dan uji coba instrumen, pelaksanaan pembelajaran dinyatakan baik melalui observasi pengamatan dan respon siswa, hasil pembelajaran dikatakan efektif melalui hasil tes kemampuan penalaran matematis tuntas secara rata-rata, klasikal, dan lebih baik dari kelas dengan pembelajaran discovery learning, juga terdapat pengaruh positif antara kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis. Siswa dengan kemandirian belajar tinggi mencapai semua indikator kemampuan penalaran matematis dengan sedikit kesalahan sehingga dinyatakan baik. Siswa dengan kemandirian belajar rendah hanya dapat mencapai beberapa indikator kemampuan penalaran matematis saja sehingga dinyatakan kurang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:50
Last Modified: 30 Mar 2022 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49268

Actions (login required)

View Item View Item