LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP PELITA 1 JAKARTA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBAHASA


Ponirin, 0401516040 (2021) LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP PELITA 1 JAKARTA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBAHASA. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 1. 0401516040 PONIRIN - Po Nuel Math.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan literasi matematika antara gaya belajar Diverging, Assimilating, Accomodating, dan Converging siswa kelas IX SMP Pelita 1 Jakarta Barat tahun pelajaran 2018/2019. (2) Mengetahui hubungan antara kemampuan berbahasa Inggris dengan literasi matematika siswa kelas IX SMP Pelita 1 Jakarta Barat tahun pelajaran 2018/2019. (3) Menganalisis perbedaan gaya belajar dan kemampuan berbahasa Inggris terhadap literasi matematika siswa kelas IX SMP Pelita 1 Jakarta Barat tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sequential mixed methods (kombinasi berurutan) tipe sequential explanatory (metode urutan pembuktian). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumen, Angket, Tes dan Wawancara. Uji banding lebih dari dua sampel (One Way Anova) digunakan untuk mengetahui perbedaan literasi matematika antar gaya belajar. Analisis korelasi digunakan untuk mengetahui hubungan korelasi antara kemampuan berbahasa Inggris dengan literasi matematika. Analisis data yang terakhir adalah analisis untuk mengetahui perbedaan gaya belajar dan kemampuan berbahasa Inggris terhadap literasi matematika dengan melakukan analisis dua jalur (two ways analisis) dan diperdalam dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan rata-rata literasi matematika antara gaya belajar Diverging, Assimilating, Accomodating, dan Converging siswa kelas IX SMP Pelita 1 Jakarta Barat tahun pelajaran 2018/2019. (2) Terdapat hubungan positif antara kemampuan berbahasa Inggris dengan literasi matematika siswa kelas IX SMP Pelita 1 Jakarta Barat tahun pelajaran 2018/2019 yaitu sebesar 0,707 atau 70,7%. (3) Terdapat pengaruh gaya belajar dan kemampuan berbahasa inggris secara bersama-sama terhadap literasi matematika korelasi kuat sebesar 57,0%. Berdasarkan hasil penelitian, subjek Asimilasi kelompok I memiliki literasi matematika yang mencakup ketujuh komponen literasi matematika. Pemahaman siswa akan gaya belajar dan kemampuan berbahasa ingris yang dimiliki akan mempermudah siswa dalam pemahaman ketujuh komponen literasi matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, Gaya Belajar, Kemampuan Berbahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:24
Last Modified: 30 Mar 2022 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49264

Actions (login required)

View Item View Item