DETERMINAN KINERJA GURU (STUDI PADA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH SE KABUPATEN SEMARANG)


Sri Sukamta, 0101616039 (2022) DETERMINAN KINERJA GURU (STUDI PADA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH SE KABUPATEN SEMARANG). Doctoral thesis, UNNES.

[thumbnail of 0101616039_Laporan Disertasi 2022_Sri Sukamta - Sri Sukamta.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja guru masih rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru, baik internal dan eksternal. Banyak teori yang menjelaskan hubungan antara faktor-faktor tersebut terhadap kinerja guru. Dalam penelitian ini utamanya kecerdasan emosional, kompetensi professional, sertifikasi, iklim kerja, jiwa korsa terhadap kinerja guru. Dalam peneliitian ini akan dikaji tentang determinasi kinerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui determinasi kinerja guru, yang berkaitan dengan pengaruh iklim kerja, kompetensi profesional, sertifikasi, kecerdasan emosional, dan jiwa korsa terhadap kinerja guru MI di Kabupaten Semarang. Jenis dan desain penelitian menggunakan model analisis jalur (path analysis). Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Semarang. Jumlah populasi 1441 guru. Metode sampel memnggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 216 guru.Variabel terikat dalam penelitian yaitu kinerja guru. Variabel intervining yaitu Jiwa korsa. Dan variable bebas terdiri atas sertifikasi guru, iklim kerja, kompetensi professional dan kecerdasan emosional . Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen berupa kuisener. Teknik analisis data mengunakan analisis statistik deskriptif, inferensial, multiple regression dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Iklim Kerja tidak berpengaruh terhadap Jiwa Korsa , 2) Iklim Kerja (IK) tidak berpengaruh terhadap Kinerja Guru (KG), 3)Terdapat pengaruh positif antara Jiwa Korsa (JK) terhadap Kinerja Guru (KG), 4)Tidak terdapat pengaruh antara Kecerdasan Emosinal (KE) terhadap Jiwa Korsa (JK), 5) Tidak terdapat pengaruh antara Kecerdasan Emosinal (KE) terhadap Kinerja Guru (KG) , 6) Terdapat pengaruh positif antara Kompetensi Profesional (KP) terhadap Jiwa Korsa (JK), 7) Terdapat pengaruh positif antara Kompetensi Profesional (KP) terhadap Kinerja Guru (KG), 8) Terdapat pengaruh positif antara Sertifikasi Guru (SG) terhadap Jiwa Korsa (JK), 9) Terdapat pengaruh positif antara Kompetensi Profesional (KP) terhadap Kinerja Guru (KG); Saran untuk penilitian selanjutnya : a), diharapkan bisa mengembangkan maupun menambahkan indikator pada variabel Iklim Kerja (IK) terhadap Jiwa Korsa (JK) maupun Kinerja Guru (KG) dalam penelitian ini,b) Model penelitian ini direkomendasikan dapat dikembangkan untuk peningkatan kinerja guru, khususnya jiwa korsa pada Guru-MI di Kemenag Kabupaten Semarang.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Determinasi, Iklim kerja, kecerdasan emosional, sertifikasi guru, Jiwa korsa, Kinerja Guru, Guru Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 Mar 2022 02:04
Last Modified: 30 Mar 2022 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49261

Actions (login required)

View Item View Item