KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK CINEMATHERAPY DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN


Intan Herfidawati, 0106517072 (2022) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK CINEMATHERAPY DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0106517072-TESIS - In Tan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku prososial pada siswa sangat penting, terlebih bagi siswa SMK yang sudah beranjak remaja sudah harus mampu mengembangkan pribadinya, sehingga sesuai dengan nilai etika dan moral dalam bentuk perilaku sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik cinematherapy dan role playing untuk meningkatkan perilaku prososial siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain penelitian randomized pretest-posttest control group design dengan melibatkan siswa sebanyak 30 siswa kelas XI dan XII SMK Islam Medika Bantarbolang. dengan tingkat perilaku prososial terendah secara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan alat ukur skala perilaku prososial yang di adaptasi dari Prosocial Tendencies Measure (PTM) yang dikembangkan oleh Carlo & Randall (2002) sedangkan analisis data menggunakan uji wilcoxon dan kruskal-wallis. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok dengan kedua teknik tersebut efektif untuk meningkatkan perilaku prososial siswa SMK. Hal tersebut didasarkan atas pengaruh yang signifikan yang ditunjukkan oleh setiap teknik yang diberikan. Selain itu perbandingan tingkat keefektifan kelompok menyatakan tidak terdapat perbedaan efektifitas diantara teknik cinematherapy, role playing, dan kombinasi teknik keduanya. Berdasarkan hasil penelitian, maka simpulan dari penelitian ini bahwa layanan bimbingan kelompok sangat dibutuhkan bagi siswa SMK, saran yang diberikan bagi praktisi (konselor) dalam menyelengarakan layanan bimbingan kelompok untuk dapat mengintegrasikan pada aspek kognitif dan perilaku sehingga mampu meningkatkan perilaku prososial. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan untuk dapat dikembangkan kembali dengan karakteristik subjek yang lebih.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Cinematherapy, Role Playing, Perilaku Prososial
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 29 Mar 2022 15:58
Last Modified: 29 Mar 2022 15:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49260

Actions (login required)

View Item View Item